Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temuan Puing di Laut Bukan Milik Kapal Selam Argentina yang Hilang

Kompas.com - 03/12/2017, 10:04 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP


BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Temuan puing di Atlantik Selatan tidak sesuai kapal selam Argentina yang hilang lebih dari dua pekan, dengan membawa 44 awak kapal.

Dilansir dari AFP, Minggu (3/12/2017), juru bicara Angkatan Laut Argentina, Enrique Balbi mengatakan, puing-puing yang ditemukan di 477 di bawah laut memang memiliki dimensi serupa dengan kapal selam ARA San Juan yang hilang.

Namun, hasil penyelidikan AL Argentina menyimpulkan puing-puing itu justru mirip dengan kapal penangkap ikan yang tenggelam.

Sebelumnya, pada Kamis (30/11/2017), pihak berwenang Argentina secara resmi mengakhiri pencarian kemungkinan korban selamat di kapal selam.

Baca juga : AL Argentina Hentikan Misi Penyelamatan Kapal Selam yang Hilang

"Lingkungan yang ekstrem, waktu yang sudah lewat, dan kurangnya bukti tanda-tanda kehidupan manusia (menjadi alasan penghentian pencarian)," kata Balbi.

Kontak terakhir AL Argentina dengan ARA San Juan, terjadi pada 15 November 2017, saat kapal diesel-listrik buatan Jerman itu, berlayar di Atlantik Selatan, skeitar 450 km dari pesisir.

Dalam komunikasi terakhirnya, kru kapal selam melaporkan telah mengatasi gangguan mekanis akibat korsleting yang disebabkan masuknya air melalui saluran udara kapal.

AFP Argentina Hentikan Pencarian Kapal Selam

Tiga jam kemudian, sebuah suara mirip dengan ledakan terdeteksi di 48 km dari titik San Juan memberikan laporan terakhir.

Armada kapal penyelematan internasional, pesawat, dan ribuan personel telah diturunkan untuk mencari kapal selam tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com