Kompas.com - 30/11/2017, 23:12 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

DAMASKUS, KOMPAS.com - Amerika Serikat menarik mundur lebih dari 400 tentara marinirnya dari misi memerangi kelompok ISIS di Suriah.

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kekuatan militer AS di kawasan itu pasca-keberhasilan merebut kota Raqa yang menjadi pusat kelompok jihadis.

"Pasukan marinir mendukung pasukan koalisi dengan serangan artileri yang tepat dalam melawan ISIS," demikian pernyataan yang disampaikan koalisi pada Kamis (30/11/2017).

"Dengan dibebaskannya kota yang dikuasai ISIS, maka pasukan tersebut diperintahkan untuk kembali. Demikian pula pasukan pengganti telah dibatalkan," tambah pernyataan itu.

Baca juga: Helikopter Marinir AS Terbakar di Okinawa

Pemimpin Operasi Brigadir Jenderal Jonathan Braga menyebut tindakan penarikan tersebut sebagai tanda kemajuan setelah wilayah yang dikuasai jihadis berkurang drastis di Suriah dan Irak hingga tersisa di beberapa daerah.

"Kami menurunkan kekuatan tempur pasukan namun tetap melanjutkan upaya membantu sekutu Suriah dan Irak menjaga keamanan," kata Braga.

Laporan terbaru dari Pentagon mengatakan pada 30 September 2017, militer AS menempatkan 1.720 tentaranya di Suriah dan 8.892 di Irak.

Aliansi pejuang Kurdi dan Arab, Pasukan Demokratik Suriah (SDF) telah merebut kembali kota Raqa dari ISIS pada Oktober lalu dalam sebuah pertempuran yang didukung kekuatan artileri dan serangan udara dari koalisi pimpinan AS.

Baca juga: 20 Perempuan Marinir AS Laporkan Kasus Foto Bugil Mereka

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.