Kompas.com - 30/11/2017, 22:34 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

MADRID, KOMPAS.com - Sebuah dokumen catatan tulisan tangan ditemukan dalam proses restorasi sebuah patung Yesus Kristus dari abad ke-18 di Spanyol.

Catatan tersebut ditulis dengan rapi itu dibuat pada tahun 1777 dan dimasukkan ke dalam patung Yesus melalui lubang yang dibuat pada bagian belakang patung.

Menjadikan patung tersebut seolah sebagai kapsul waktu.

Dikutip dari New York Post, tulisan dalam catatan itu memuat informasi tentang kondisi masyarakat saat itu.

Baca juga: Masih Kontroversi, Lukisan Yesus Karya Da Vinci Terjual Rp 6 Triliun

Mulai dari hiburan yang sedang populer, situasi ekonomi, masalah politik dan agama, tokoh-tokoh terkenal saat itu, serta sejumlah topik lainnya.

Pesan tersebut ditandatangani oleh Joaquin Minguez, seorang pastor katedral Burgo de Osma kala itu dan baru-baru ini diungkap oleh perusahaan restorasi Da Vinci Restauro.

Saat ini, patung yang terbuat dari kayu itu disimpan di gereja Santa Agueda di desa Sotillo de la Ribera di provinsi Burgos, Spanyol utara.

Kertas dokumen berusia 300 tahun itu ditulis dengan hati-hati hingga di kedua sisinya.

Kertas catatan yang ditulis tangan dan ditemukan dari dalam patung Yesus Kristus dari tahun 1777.Da Vinci Restauro via New York Post Kertas catatan yang ditulis tangan dan ditemukan dari dalam patung Yesus Kristus dari tahun 1777.

Ditemukan pertama kali saat petugas restorasi melepaskan sehelai kain yang digunakan untuk menutup bagian belakang patung, mengungkap adanya celah kecil yang terbuka.

Sejarawan lokal Efren Arroyo merasa sangat kagum dengan penemuan ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.