Kompas.com - 28/11/2017, 22:30 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

HARARE, KOMPAS.com - Presiden baru Zimbabwe mengeluarkan ultimatum kepada pihak-pihak yang telah menyalurkan dana ke luar negeri untuk menarik kembali dana tersebut.

Presiden Emmerson Mnangagwa memberi batas waktu tiga bulan kepada individu maupun perusahaan yang telah menyalurkan dana ke luar negeri tersebut demi menghidupkan kembali perekonomian Zimbabwe.

Selain juga sebagai salah satu langkah menghentikan korupsi.

"Pemerintah Zimbabwe sedang mempertimbangkan untuk tiga bulan moratorium kepada mereka yang terlibat dalam malpraktik untuk mengembalikan dana maupun aset."

"Selama masa itu tidak akan ada pertanyaan maupun tuduhan yang diajukan kepada mereka," kata Mnangagwa dalam sebuah pernyataan dan dikutip AFP.

Baca juga: Presiden Baru Zimbabwe Janjikan Pemilu Adil dan Bebas

Masa tiga bulan moratorium tersebut akan dimulai pada 1 Desember 2017 mendatang.

"Jika telah melewati batas waktu tiga bulan maka pemerintah akan melanjutkan proses penangkapan."

"Dan pihak-pihak yang tidak mematuhi perintah ini dan memastikan mereka dituntut berdasarkan undang-undang negara," lanjut pernyataan Mnangagwa.

Sejumlah besar dana dan aset lainnya diduga secara tidak sah telah beralih ke individu dan perusahaan tertentu selama masa pemerintahan Robert Mugabe.

Zimbabwe telah menghadapi krisis likuiditas yang semakin memburuk dalam beberapa bulan terakhir. Membuat bank-bank hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali uang.

Baca juga: Zimbabwe Tetapkan Tanggal Lahir Mugabe Jadi Hari Libur Nasional

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.