Kompas.com - 28/11/2017, 09:33 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


BAGHDAD, KOMPAS.com - Dua bom bunuh diri yang diklaim milik ISIS meledak di sebuah pasar, di pinggiran Baghdad, Irak, pada Senin (27/11/2017), membuat 11 orang tewas dan 31 orang lainnya terluka.

Dilansir dari AFP, sebanyak lima orang dilaporkan melakukan serangan teror di kawasan pasar dan pertokoan, di area Nahrawan, Baghdad.

"Sebanyak tiga orang polisi telah membunuh tiga di antaranya, namun dua lainnya justru meledakkan diri," kata seorang petugas polisi setempat.

Dia menambahkan, peledakan tersebut juga melukai dua personel keamanan di area sekitar 35 km dari ibu kota Irak itu.

Baca juga : Ratusan Pejuang ISIS Dikabarkan Menuju Inggris dan Eropa

Negara Islam di Irak dan Suriah  (ISIS) mengklaim bertanggung jawab atas insiden penyerangan melalui pesann melalui saluran propagandanya, Amaq.

ISIS mengatakan serangan tersebut menargetkan anggota dari aliansi paramiliter Hashed Al Shaabi, sekaligus menyebut peledakan bom telah menewaskan 35 orang.

Seperti diketahui, ISIS telah menderita serangkaian kekalahan di Suriah dan Irak, di mana sejak 2014 kelompok ini memproklamasikan negara khilafah untuk merebut wilayah tersebut.

Baca juga : Media Propaganda ISIS Sempat Menghilang Satu Hari

Sebelumnya, Angkatan Darat Irak, berhasil merebut kembali kota terakhir negeri itu yang dikuasai ISIS, pada Jumat (17/11/2017).

Kota Rawa yang terletak di lembah Sungai Eufrat itu direbut lewat sebuah operasi kilat yang dimulai pada Jumat dini hari. Kini, ISIS telah kehilangan 95 persen wilayahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.