Kompas.com - 27/11/2017, 09:26 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


RIYADH, KOMPAS.com — Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salam, menyerukan pengejaran terhadap teroris hingga tersapu bersih dari muka bumi.

Pangeran Mohammed yang juga Menteri Pertahanan Saudi itu mengeluarkan seruannya di hadapan perwakilan resmi 40 negara yang terdiri dari negara Islam dan negara dengan mayoritas Islam pada pertemuan pertama aliansi antiterorisme, Minggu (26/11/2017) waktu setempat, di Riyadh.

"Dalam beberapa tahun terakhir, terorisme telah aktif di seluruh negara kita, tanpa koordinasi," katanya, seperti dilansir dari AFP.

"Terorisme akan berakhir dengan aliansi ini," tambahnya.

Baca juga: Posisi Putra Mahkota Arab Saudi Kian Kuat Setelah Gelombang Penangkapan

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Militer Negara Islam Melawan Koalisi Terorisme diselenggarakan untuk pertama kalinya dengan menghadirkan menteri pertahanan dan pejabat senior negara masing-masing.

Sebanyak 41 negara yang disebut sebagai Islam Raya bersatu melawan kekerasan ekstremis.

Aliasi itu diumumkan pada 2015 di bawah naungan Pangeran Mohammed. Pertemuan pada Minggu terselenggara saat koalisi militer, termasuk sekutu utama Saudi, Amerika Serikat, berjuang mengusir Negara Islam di Irak dan Surih (ISIS) dari benteng terakhirnya di Irak dan Suriah.

Namun, Iran, Irak, dan Suriah tidak bergabung dalam aliasi tersebut. Saudi bahkan menuduh Iran mendukung kelompok bersenjata di Timur Tengah, termasuk Hizbullah dan pemberontak Huthi Yaman.

Baca juga: Israel Siap Membagi Informasi Rahasia Iran kepada Arab Saudi

"Musuh bersama kita adalah terorisme, bukan agama, sekte, atau ras mana pun," kata sekretaris jenderal aliansi, Abdulada al-Saleh.

Pertemuan aliansi di Riyadh ini mempertemukan negara Islam dan negara dengan mayoritas Islam, termasuk Mesir, Uni Emirat Arab, Bahrain, Afganistan, Uganda, Somalia, Mauritania, Lebanon, Libya, Yaman, dan Turki.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.