Kompas.com - 26/11/2017, 10:58 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

LONDON, KOMPAS.com - Informasi intelijen Turki memperingatkan akan adanya serangan ISIS ke Inggris dan Eropa jelang perayaan Natal.

Kekhawatiran tersebut muncul menyusul pergerakan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi yang melarikan diri dari Raqqa bersama ribuan pejuang ekstremis bersenjata.

Pemimpin ISIS dan ribuan ekstremis, termasuk asal Inggris, dilaporkan melarikan diri dari Raqqa setelah ada kesepakatan rahasia lima pekan lalu.

Peringatan itu turut diperkuat pernyataan seorang sumber militer Inggris yang menyebut tidak ada keraguan dari informasi tersebut.

Baca juga: Media Propaganda ISIS Sempat Menghilang Satu Hari

"Badan intelijen Turki melaporkan sejumlah anggota ISIS telah diselundupkan ke Turki dan sedang menuju Eropa dan Inggris," kata sumber tersbut.

"Otoritas Turki telah menahan sejumlah orang dan meyakini informasi itu akurat. Tingkat ancamannya sangat tinggi," tambahnya.

Menteri Keamanan Ben Wallace mengakui ISIS masih menjadi ancaman serius bagi Inggris.

Ditambahkan Menteri Negara untuk Timur Tengah Alistair Burt, pihaknya telah menduga ISIS akan menimbulkan ancaman bagi negaranya.

"Kami tahu pertarungan gagasan ini masih jauh dari kemenangan. ISIS masih mampu menginspirasi orang untuk melakukan serangan atas namanya. ISIS masih menjadi ancaman global yang serius," kata Burt.

Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi melarikan diri dari Raqqa setelah pejuang Kurdi yang didukung pasukan koalisi gagal menghabisi mereka saat pertempuran di sebuah rumah sakit kota.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.