Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto Pertama Robert Mugabe dan Istrinya Beredar di Media Sosial

Kompas.com - 25/11/2017, 13:28 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

HARARE, KOMPAS.com - Foto mantan Presiden Zimbabwe Robert Mugabe dan istrinya, Grace untuk pertama kalinya muncul setelah sang diktator mendapakan imunitas sebagai imbalan pengunduran dirinya.

Sesuai dengan perjanjian yang disepakati, seluruh keluarga Mugabe diyakini mendapat jaminan keselamatan termasuk Grace Mugabe yang dibenci banyak warga Zimbabwe.

Pasangan suami istri itu difoto di dalam kediaman mewah mereka di Harare bersama sejumlah pembantu yang akan memastikan Mugabe dan keluarganya aman di masa "pensiunnya".

Seorang sumber pemerintahan mengatakan Mugabe (93) sangat ingin menghabiskan hidupnya di Zimbabwe dan tak berencana untuk mengasingkan diri.

Baca juga : Robert Mugabe Dijadwalkan Hadir dalam Pelantikan Emmerson Mnangagwa

Setelah dinegosiasikan, Mugabe masih akan mendapatkan uang pensiun, tunjangan liburan dan transportasi, jaminan kesehatan, dan keamanan.

Dalam foto terbaru ini Grace Mugabe terlihat amat murung duduk di sofa yang dipenuhi bantal. Sementara Mugabe duduk di samping istrinya mengenakan setelah berwarna gelap dan terlihat amat rapuh.

Sementara di belakang keduanya berdiri plt direktur dinas intelijen (CIO) Aaron Daniel Tonde Nhpera, Gideon Gono, dan Pastor Fidelis Mukonori.

Foto ini diambil dua hari lalu menyusul pengunduran diri Mugabe dan sudah menyebar di dunia maya yang mendapat banyak komentar negatif terutama terhadap Grace Mugabe.

Menganai foto itu, Gideon Gono kepada Nehanda Radio mengatakan, foto itudibocorkan seseorang yang memiliki motif keji.

"Orang cenderung menjauhi saat Anda jatuh dan hanya sedikit orang yang punya keberanian mendukung dalam masa-masa suram," kata Gono saat ditanya alasannya tetap mendukung Mugabe.

"Saya tidak malu mengatakan bahwa saya tetap teman dan loyalis mantan presiden hingga akhir nanti. Bukan untuk alasan finansial tetapi ini bagian dari prinsip," tambah Gono.

Baca juga : Lengser dari Jabatannya, Robert Mugabe Dikabarkan Dapat Imunitas

Mugabe yang berkuasa di Zimbabwe sejak 1980 mengundurkan diri pada Selasa (21/11/2017) setelah tentara merebut kekuasaan dan partai Zanu-PF meninggalkannya.

Emmerson Mnangagwa, wakil presiden yang dipecat Mugabe, kini menjadi presiden setelah dilantik pada Jumat (24/11/2017).


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com