Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyelundup Gunakan Meriam Kirim Narkoba Lewati Perbatasan Meksiko-AS

Kompas.com - 24/11/2017, 19:07 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber ABC News

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Penyelundup narkoba di Meksiko menggunakan cara yang tak biasa untuk menyelundupkan obat-obatan terlarang melintasi perbatasan AS.

Penyelundup menggunakan sebuah meriam untuk melontarkan paket narkoba melewati perbatasan Meksiko dengan AS.

Pihak berwenang Meksiko telah mengamankan sebuah meriam rakitan lengkap dengan peluru, pengisi daya dan lebih dari 800 kilogram ganja di perbatasan Meksiko, kota Agua Prieta, Sonora.

Baca juga: Duterte Janji Perlakukan Beda Dua Tersangka Pengedar Narkoba Rusia

Petugas dari kantor Kejaksaan Agung mengatakan, peralatan yang menyerupai meriam itu menggunakan udara bertekanan untuk menembakkan paket narkoba dari Meksiko ke AS.

Dalam sebuah operasi gabungan antara Kementerian Pertahanan Nasional Meksiko (SEDENA) bersama Badan Intelijen AS (CIA) yang dilakukan awal November lalu itu berhasil mengamankan 203 paket ganja dengan total berat 825 kilogram.

Selain itu juga diamankan 1.965 butir peluru berbagai ukuran, 26 muatan dan sebuah meriam. Semuanya dimasukkan dalam sebuah van.

Berdasar laporan dari media Meksiko, meriam telah dipasang di dalam van dan dirancang mampu menembakkan muatan melalui atap kendaraan.

Tidak diungkapkan berapa banyak orang yang ditangkap dalam operasi tersebut.

Seluruh barang bukti dan perlengkapan penyelundupan telah disimpan di kantor kejaksaan, sementara penyelidikan masih berlanjut. Demikian dikutip dari ABC.net.au.

Baca juga: Polisi Bekuk Penjual Narkoba Magic Mushroom Secara Online

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ABC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com