Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Presiden Baru Zimbabwe Ternyata Gemar Mengenakan Batik

Kompas.com - 24/11/2017, 13:53 WIB

HARARE, KOMPAS.com - Emmerson Mnangagwa, yang segera dilantik menjadi presiden baru Zimbabwe, kerap terlihat mengenakan kemeja batik Indonesia dalam acara-acara resmi ketika masih menjabat sebagai wakil presiden.

Sebelumnya, pemimpin Afrika yang dikenal sering mengenakan batik adalah tokoh besar Afrika Selatan, mendiang Nelson Mandela.

Salah satu acara terbaru yang dihadiri Emmerson Mnangagwa dengan memakai batik Indonesia adalah peresmian Pekan Turisme Internasional Zimbabwe di Harare pada awal September tahun 2017.

"Beliau yang membuka dan beliau saat itu mengenakan batik kita (Indonesia). Kami sebagai perwakilan kedutaan diundang, kami hadir dan kami melihat beliau memakai batik ketika memberi sambutan," kata Kepala Fungsi Ekonomi KBRI di Harare, Partogi Samosir, Kamis (23/11/2017).

Baca juga : Robert Mugabe Dijadwalkan Hadir dalam Pelantikan Emmerson Mnangagwa

Emmerson Mnangagwa diberhentikan sebagai wakil presiden oleh Presiden Robert Mugabe pada awal November yang memicu militer untuk mengambil alih kendali Zimbabwe.

Mnangagwa adalah sosok yang dijagokan militer untuk menggantikan Mugabe.

Setelah dipecat Mugabe, dia mengaku keselamatan jiwanya terancam sehingga sempat melarikan diri ke Afrika Selatan dan baru kembali setelah Robert Mugabe menyatakan mundur Selasa (21/11/2017).

Pemberhentian Emmerson Mnangagwa diduga ditempuh demi membuka jalan bagi istri Mugabe, Grace untuk menggantikan sang suami.

Semula menolak tuntutan lengser, Mugabe akhirnya mengundurkan ketika parlemen memulai proses pemakzulan setelah berkuasa selama 37 tahun.

Baca juga : Emmerson Mnangagwa Disumpah Jadi Presiden Zimbabwe Jumat

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com