Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Jurnalis Malta yang Tewas Layangkan Gugatan Hukum kepada Polisi

Kompas.com - 23/11/2017, 15:57 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

VALLETTA, KOMPAS.com - Keluarga jurnalis Malta yang tewas karena ledakan mobil, Daphne Caruana Galizia, melayangkan gugatan terhadap kepolisian Malta.

Dalam materi gugatan yang dibuat Rabu (22/11/2017), mereka menganggap investigasi mengungkap kematian Galizia sudah tidak memihak.

Keluarga Galizia mendesak agar pengadilan bisa mencopot Wakil Komisaris Polisi Silvio Valletta dicopot dari jabatannya sebagai ketua tim investigasi.

Dilansir Malta Today, mereka menduga terdapat konflik kepentingan dalam investigasi ini.

Sebab, Valletta adalah suami dari Justyne Caruana, Menteri Pulau Gozo. Selain itu, Valletta merupakan anggota dari Unit Intelijen dan Analisis Finansial (FIAU).

Baca juga : Jurnalis Pengkritik PM Malta, Tewas Setelah Mobilnya Diledakkan

FIAU menjadi sasaran kritik Galizia dalam blog-nya karena bersikap lambat untuk menyelidiki pemerintahan Malta yang terlibat dalam skandal Panama Papers.

Dua pengacara yang ditunjuk keluarga Galizia, Jason Azzopardi dan Therese Commodini Cachia berkata, Valletta dianggap sengaja menutupi istrinya dan anggota kabinet Malta yang lain saat skandal Dokumen Panama.

"Keterlibatannya dalam investigasi akan mencederai keadilan," demikian pernyataan kedua pengacara tersebut dikutip Malta Independent.

Sebelumnya, anak Galizia, Matthew, menulis di Facebook 19 Oktober lalu bahwa pemerintah Malta sengaja tidak mengusut insiden yang menimpa ibunya.

"Mereka yang mengecewakan Ibu saat hidup, kembali mengecewakannya ketika dia meninggal," kata Matthew.

Galizia (53), tewas di dekat kediamannya di Kota Bidnija, sisi utama Malta pada 16 Oktober.

Jurnalis ternama Malta tersebut tewas akibat bom yang terpasang di mobilnya.

Ledakan tersebut begitu dahsyat hingga menghancurkan mobil Galizia hingga menjadi kepingan-kepingan kecil serta melontarkan tubuh sang jurnalis hingga ke sebuah lahan kosong tak jauh dari lokasi ledakan

Baca juga : Tentara India Tembak Mati Seorang Jurnalis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com