Kompas.com - 23/11/2017, 15:50 WIB
|
EditorErvan Hardoko

NEW DELHI, KOMPAS.com - Militer India untuk pertama kali sukses menguji coba misil BrahMos dari sebuah jet tempur Sukhoi Su-30.

Kementerian Pertahanan India mengatakan, keberhasilan ini bisa mengubah "permainan" bagi seluruh angkatan udara di dunia.

"Kesuksesan uji coba menembakkan BrahMos dari sebuah Su-30MKI akan meningkatkan kemampuan tempur AU India," demikian pernyataan Kemenhan India.

Pesawat Su-30 yang sudah dimodifikasi untuk membawa misil BrahMos itu diterbangkan dari pangkalan AU Kalaikunda di negara bagian Bengal Barat, Rabu (22/11/2017).

Baca juga : Seoul: Tahun Ini Korea Utara Bisa Tembakkan Misil ke Daratan AS

Misil yang dilepaskan dari udara itu dengan tepat mengenai sasaran yang ditentukan yaitu sebuah kapal yang sudah tak berfungsi di Teluk Bengala.

Menteri Pertahanan India Nirmala Sitharaman mengucapkan selamat kepada perusahaan yang mengembangkan misil tersebut, BrahMos Aerospace.

Keberhasilan uji coba ini merupakan pertanda bahwa misil BrahMos siap digunakan AU India dalam waktu dekat.

Militer India berencana melengkapi setidaknya dua skuadron Su-30, atau sebanyak 18 pesawat, dengan misil penjelajah ini.

Misil BrahMos merupakan hasil kerja sama India dan Rusia. Namanya juga merupakan singkatan dari nama sungai Brahmaputra dan Moskwa.

Misil supersonik seberat 2,5 ton ini merupakan yang tercepat di dunia karena mampu mencapai melesat tiga kali kecepatan suara dengan daya jangkau maksimal 290 kilometer.

Baca juga : Parasut Membelit Baling-baling, Helikopter AU India Jatuh

Sebelumnya, wakil PM Rusia Dmitry Rogozin mengatakan, di masa depan pesawat Su-30MKI bisa membawa lebih dari satu misil BrahMos, tetapi bisa membawa tiga misil lebih kecil dari kelas yang sama.

Sementara India tengah berupaya mengembangkan misil BrahMos yang sudah ditingkatkan kemampuannya hingga bisa mencapai sasaran dengan jarak 450 kilometer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.