Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Putin Minta Industri Strategis Rusia Siap Menghadapi Perang

Kompas.com - 23/11/2017, 14:39 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putun, Rabu (22/11/2017), mengatakan , seluruh perusahaan besar Rusia baik milik pemerintah atau swasta harus siap menghadapi operasi masa perang.

Dalam pertemuan dengan para pejabat senior kementerian pertahanan dan para manajer perusahaan pertahanan itu, Putin menegaskan kemampuan beroperasi di dalam perang amat penting untuk keamanan negara.

"Saya ingin menegaskan bahwa kemampuan setiap perekonomian untuk dengan cepat menghasilkan produk-produk saat diperlukan adalah hal terpenting dalam keamanan militer sebuah negara," kata Putin.

"Semua perusahaan besar dan strategis harus siap menghadapi hal ini," tambah Putin.

Baca juga : Didukung Rusia, Presiden Assad Berterima Kasih kepada Presiden Putin

Pemimpin Rusia itu melanjutkan, dia dan para pejabat pertahanan senior sudah mendiskusikan masalah ini pada 2015 dan 2016.

Dalam pertemuan itu, Putin meminta semua yang hadir dalam rapat tersebut melaporkan masalah yang dihadapi tahun sebelumnya serta masalah yang sudah dan belum tertangani.

Dalam konferensi itu juga dibahas hasil dari latihan militer bersama antara Rusia dan Belarusia, Zapad 2017, yang digelar pada September lalu.

Dalam latihan itu, Rusia mengirimkan sekitar 3.000 personel militer untuk bergabung dengan 7.000 personel militer Belarusia.

Mereka berlatih di enam lokasi dan Rusia bahkan "menjamu" pasukan Belarusia dia tiga pangkalan militernya.

Selain melibatkan ribuan tentara, sebanyak 70 pesawat terbang, 680 kendaraan lapis baja termasuk 250 tank, 200 persenjataan artileri, dan 10 kapal perang terlibat dalam latihan tersebut.

Baca juga : Duterte Berterima Kasih pada Putin atas Kiriman Senjata dari Rusia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com