Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokumen KGB Diyakini Ungkap Lokasi Harta Tsar Nicholas II

Kompas.com - 22/11/2017, 14:50 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Mirror

MOSKWA, KOMPAS.com - Harta karun berupa emas bernilai 26 juta poundsterling atau sekitar Rp 465 miliar milik Tsar Nicholas II, kaisar terakhir Rusia, dikubur di dekat sebuah jalur kereta api di Siberia.

Hal tersebut diungkapkan dalam sejumlah dokumen KGB yang sejauh ini merupakan dokumen yang menyebutkan lokasi harta kerajaan yang sudah hilang selama 100 tahun itu.

Banyak kalangan di Rusia yakin harta yang berada di Rusia itu adalah satu dari lima lokasi penyimpanan rahasia harta benda kerajaan setelah revolusi komunis menggulingkan monarki pada 1917.

Dalam dokumen-dokumen KGB yang dipublikasikan pada Selasa (21/11/2017), seorang prajurit mengklaim telah menguburkan 26 kotak berisi emas milik Tsar Nicholas di jalur kereta api Trans-Siberia, lebih dari 3.500 kilometer sebelah timur Moskwa.

Baca juga : Pemburu Harta Karun Temukan Emas Batangan Senilai Ratusan Miliar

Karl Purrok, nama prajurit itu, mengatakan, dia dan seorang temannya menguburkan kotak-kotak itu di kedalaman 2,5 meter, 5 kilometer dari Stasiun Taiga.

Hal itu dilakukan untuk menyelamatkan harta milik kerajaan dari jarahan Tentara dalam perang saudara menyusul Revolusi Bolshevik.

"Gerbong-gerbong kereta dipenuhi emas. Saat berhenti kami menggali lubang di tanah," kata Purrok.

Dua hari setelah mengubur harta benda kerajaan itu, Purrok ditangkap Tentara Merah. Saat dibebaskan, dia kembali ke lokasi penguburan harta itu tetapi gagal menemukannya.

Tsar Nicholas membawa banyak hartanya ke Siberia saat dia dan keluarganya diasingkan menyusul revolusi 1917.

Setahun kemudian, Tsar Nicholas dan keluarganya dieksekusi pasukan komunis, yang selama beberapa dekade setelahnya mencoba mencari harta sang kaisar tetapi tak berhasil.

Sejumlah laporan mengatakan, mahkota milik keempat putrinya dan sang permaisuri Alexandra bersama perhiasan berlian yang nilainya belum diketahui hingga saat ini belum ditemukan.

Baca juga : Koin Emas Harta Karun Kapal Spanyol Ditemukan 100 Meter dari Pantai Florida

Dua kotak perhiasan, yang diserahkan sendiri oleh Tsar kepada penduduk lokal, nampaknya disembunyikan di wilayah Tobolsk atau Omsk.

Benda-benda yang disembunyikan di kedua kota itu terdiri atas pedang milik Tsar Nicholas dan putranya, Pangean Alexei yang baru berusia 13 tahun saat dibantai bersama seluruh anggota keluarganya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com