Kompas.com - 21/11/2017, 21:04 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

LONDON, KOMPAS.com - Penduduk di sebuah wilayah kecil di London akhirnya segera terbebas dari 'mimpi buruk' setelah tumpukan sampah yang menggunung hingga 12 meter mulai dibersihkan.

Selama hampir tujuh tahun penduduk di Bromley, London tersiksa dengan tumpukan sampah yang menggunung, diperkirakan telah mencapai berat 27.000 ton.

Tak hanya terganggu dengan pemandangan 'gunung' sampah, penduduk juga sangat tersiksa bau busuk yang diibaratkan seperti tumpukan mayat.

Baca juga: LA Wacanakan Gandeng Gelandangan untuk Membersihkan Sampah

Tumpukan sampah yang berada di lokasi pembuangan lama Waste4Fuel itu juga kerap menimbulkan kebakaran.

Tercatat telah terjadi 233 insiden kebakaran yang menyebabkan pemadam kebakaran London menghabiskan dana hingga 1 juta poundsterling atau sekitar Rp 17,9 miliar sejak 2012 hingga 2015.

Pada tahun 2014, mantan pemilik tanah tempat gunungan sampah itu telah diadili dan diharuskan membayar denda karena menumpuk bahan yang mudah terbakar secara ilegal.

Dua tahun berselang dewan dan Badan Lingkungan Hidup Bromley membeli tanah di lokasi tersebut seharga Rp 48 miliar.

Selanjutnya, dibutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk benar-benar membersihkan tempat tersebut.

Ketua Dewan Bromley Colin Smith berterima kasih kepada penduduk yang telah sabar dan mendukung dewan kota menyelesaikan masalah sampah itu.

Perwakilan Badan Lingkungan Hidup Julie Foley membantu memastikan tidak ada dampak lingkungan dan masyarakat akibat gunung sampah tersebut yang kini sudah dibersihkan.

"Kami harus memastikan lokasi itu sudah bersih dan yang paling penting menjaga agar ke depan tidak terjadi lagi masalah serupa," kata Foley.

Baca juga: Buang 23.000 Ton Sampah di Sebuah Danau, 3 Pria Dikirim ke Penjara

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.