Polisi Jerman Tangkap 6 Pengungsi Suriah yang Diduga Rencanakan Teror - Kompas.com

Polisi Jerman Tangkap 6 Pengungsi Suriah yang Diduga Rencanakan Teror

Kompas.com - 21/11/2017, 18:53 WIB
Polisi Jerman.Thinkstock Polisi Jerman.

BERLIN, KOMPAS.com - Kepolisian Jerman, Selasa (21/11/2017), menangkap enam pengungsi Suriah yang diduga tengah mempersiapkan serangan teror atas nama ISIS.

Para tersangka, berusia 20-28 tahun, ditangkap dalam sebuah penggerebekan pada dini hari yang melibatkan 500 orang petugas polisi di kawasan permukiman kota Kassel, Essen, Hannover, dan Leipzig.

"Para tersangka merupakan anggota kelompok teroris asing yang menamakan diri Negara Islam," demikian kata juru bicara kantor kejaksaan Frankfurt, Christian Hartwig.

"Para tersangka diduga tengah mempersiapkan serangan dengan sasaran lokasi publik di Jerman dengan menggunakan senjata atau bahan peledak," tambah Hartwig.

Baca juga : Polisi Jerman Tangkap Pria Suriah Terkait Rencana Teror Bom

Para penyidik yakin keenam tersangka belum sempat menyelesaikan rencana serangan yang mereka buat.

Keenam tersangka tiba di Jerman antara Desember 2014 hingga September 2015 di puncak krisis imigran Eropa.

Sejauh ini penyidik belum memberikan keterangan lebih banyak soal kasus tersebut dengan alasan penyelidikan masih berlangsung.

Aparat keamanan Jerman berada dalam kewaspadaan tinggi menghadapi ancaman teror ISIS khususnya setelah serangan truk di Berlin pada Desember tahun lalu yang menewaskan 12 orang.

Bulan lalu, polisi menangkap remaja Suriah berusia 19 tahun yang diduga mempersiapkan serangan teror dengan menggunakan bahan peledak.

Para petugas keamanan domestik memperkirakan terdapat 10.000 anggota kelompok Islam radikal di Jerman dan 1.600 orang di antara mereka memiliki kemampuan untuk membuat kekerasan.

Baca juga : Polisi Jerman Gerebek Organisasi yang Akan Serang Pengungsi dan Yahudi


EditorErvan Hardoko
SumberAFP
Komentar

Close Ads X