Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Samakan Korea Utara dengan Iran, Sudan dan Suriah

Kompas.com - 21/11/2017, 16:55 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengumumkan AS akan menandai Korea Utara sebagai negara penyokong teroris.

Dengan pernyataan yang dibuat Trump pada Senin (20/11/2017) itu maka Korea Utara akan ada di daftar yang sama dengan Iran, Sudan dan Suriah.

Penandaan tersebut akan berdampak pada berlanjutnya sanksi AS kepada negara tersebut.

Trump menyebut langkah penanda tersebut sebagai bagian dari upaya AS dalam menerapkan tekanan maksimal terhadap Pyongyang.

Baca juga: Trump Segera Tentukan Sikap pada Korea Utara Usai Tur Asia

"Selain mengancam dunia dengan penghancuran nuklir, Korea Utara telah berulang kali menunjukkan dukungan pada tindakan terorisme internasional, termasuk pembunuhan di negara lain," kata Trump dalam rapat kabinet di Gedung Putih.

Pejabat AS mencontohkan kasus pembunuhan terhadap saudara laki-laki pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di bandara Malaysia sebagai salah satu bentuk terorisme.

AS sedianya telah sejak lama menjatuhkan sanksi berat terhadap Korea Utara di tengah ketegangan ambisi nuklir negara itu.

Menteri Luar Negeri AS Rex Tillerson mengatakan penandaan tersebut sangat simbolis namun efek praktisnya mungkin terbatas.

Bagaimanapun juga, Tillerson mengatakan masih ada harapan untuk jalur diplomasi dalam membahas pelucutan nuklir Korea Utara.

"Kami masih berharap akan ada diplomasi," katanya sembari menambahkan tindakan penghukuman selama ini telah berdampak pada perekonomian Korea Utara.

Baca juga: Trump Disebut seperti Anak TK oleh Penasihatnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com