Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2017, 13:32 WIB
|
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sekelompok ateis berkumpul di Carolina Selatan untuk membantu para tunawisma. Mereka mengklaim seseorang tak perlu beragama untuk membantu sesama.

Aliansi Ateis di kota Spartanburg sepanjang bulan ini mengumpulkan berbagai benda yang nantinya akan disumbangkan kepada para tunawisma.

Mereka berkumpul di Sabtu ketiga setiap bulan dan mendonasikan benda-benda yang sudah mereka peroleh untuk sekitar 100 orang tunawisma.

"Ini hanyalah cara kami memberikan sesuatu bagi komunitas dan tak perlu melakukannya di bawah bendera agama tertentu," kata penggagas kegiatan ini Shane Hamac kepada harian Spatanburg Herald Journal.

Baca juga : Antara Ateis dan Religius, Siapa Sebenarnya yang Lebih Bermoral?

Aliansi ini kemudian membuat "daftar keinginan Amazon" yang memungkinkan para pendonor potensial membeli barang yang akan mereka sumbangkan.

Barang-barang yang disediakan antara lain penghangat tangan untuk musim dingin, sabun saset, jas hujan plastik, tenda, dan pakaian dalam.

Kelompok ini juga menuliskan betapa pentingnya barang-barang yang ada di dalam daftar tersebut dan berapa banyak yang mereka butuhkan.

Salah seorang tunawisma yang mendapat bantuan adalah Randy Turner (41), yang sudah menjadi tunawisma bersama istrinya sejak Januari lalu.

"Amat sulit mendapatkan barang-barang yang kami butuhkan seperti sabun dan pakaian," ujar Randy kepada media setempat.

"Bantuan ini teramat penting karena amat menolong kami untuk mendapatkan dan mempertahankan pekerjaan. Sebab saya butuh pekerjaan untuk keluar dari situasi ini," tambah Randy.

Meski penggagas kegiatan ini adalah kelompok yang mengaku sebagai ateis, tetapi para sukarelawan yang membantu datang dari berbagai kelompok keagamaan.

Baca juga : Pria Arab Saudi Segera Dieksekusi karena Murtad Jadi Ateis

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.