Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Ateis di Sebuah Kota di AS Berkumpul dan Membantu Tunawisma

Kompas.com - 21/11/2017, 13:32 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sekelompok ateis berkumpul di Carolina Selatan untuk membantu para tunawisma. Mereka mengklaim seseorang tak perlu beragama untuk membantu sesama.

Aliansi Ateis di kota Spartanburg sepanjang bulan ini mengumpulkan berbagai benda yang nantinya akan disumbangkan kepada para tunawisma.

Mereka berkumpul di Sabtu ketiga setiap bulan dan mendonasikan benda-benda yang sudah mereka peroleh untuk sekitar 100 orang tunawisma.

"Ini hanyalah cara kami memberikan sesuatu bagi komunitas dan tak perlu melakukannya di bawah bendera agama tertentu," kata penggagas kegiatan ini Shane Hamac kepada harian Spatanburg Herald Journal.

Baca juga : Antara Ateis dan Religius, Siapa Sebenarnya yang Lebih Bermoral?

Aliansi ini kemudian membuat "daftar keinginan Amazon" yang memungkinkan para pendonor potensial membeli barang yang akan mereka sumbangkan.

Barang-barang yang disediakan antara lain penghangat tangan untuk musim dingin, sabun saset, jas hujan plastik, tenda, dan pakaian dalam.

Kelompok ini juga menuliskan betapa pentingnya barang-barang yang ada di dalam daftar tersebut dan berapa banyak yang mereka butuhkan.

Salah seorang tunawisma yang mendapat bantuan adalah Randy Turner (41), yang sudah menjadi tunawisma bersama istrinya sejak Januari lalu.

"Amat sulit mendapatkan barang-barang yang kami butuhkan seperti sabun dan pakaian," ujar Randy kepada media setempat.

"Bantuan ini teramat penting karena amat menolong kami untuk mendapatkan dan mempertahankan pekerjaan. Sebab saya butuh pekerjaan untuk keluar dari situasi ini," tambah Randy.

Meski penggagas kegiatan ini adalah kelompok yang mengaku sebagai ateis, tetapi para sukarelawan yang membantu datang dari berbagai kelompok keagamaan.

Baca juga : Pria Arab Saudi Segera Dieksekusi karena Murtad Jadi Ateis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com