Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hilang 3 Hari, Kapal Selam Argentina Sempat Kirim Sinyal

Kompas.com - 19/11/2017, 11:12 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

BUENOS AIRES, KOMPAS.com — Pemerintah Argentina meyakini tujuh sinyal panggilan gagal yang terdeteksi satelit merupakan kiriman dari kapal selam yang hilang tiga hari lalu.

Kapal selam ARA San Juan hilang di selatan Samudra Atlantik dengan membawa 44 kru.

Dilansir dari The Guardian, Minggu (19/11/2017), Pemerintah Argentina menyatakan, sinyal dari kapal selam tersebut terekam 4 hingga 36 detik.

Kementerian Argentina bekerja sama dengan perusahaan Amerika Serikat mencari keberadaan kapal selam melalui komunikasi satelit.

Namun, belum jelas jenis panggilan apa yang dilakukan kapal selam itu. Kapal selam San Juan memiliki tanda pendeteksi lokasi yang dapat mengapung.

Baca juga: Foto Satelit Rekam Korut Bangun Kapal Selam Bersenjata Misil Balistik

Alat tersebut dikenal sebagai radio suar indikator keadaan darurat (EPIRB) yang dapat naik ke permukaan laut, kemudian mengeluarkan sinyal darurat melalui satelit.

Saat ini, Pemerintah Argentina menyiapkan penyelamatan bawah laut, sementara upaya dari internasional juga sudah dilakukan untuk menemukan kapal yang hilang.

Angkatan Laut Argentina kehilangan kontak radio dengan San Juan setelah transmisi terjadwal yang terakhir pada Rabu (15/11/2017) pagi waktu setempat.

Kapal tersebut berada dalam penyelaman 10 hari dari pelabuhan selatan di Argentina, Pelabuhan Ushuaia, menuju pangkalan angkatan laut di Mar del Palta, 400 km dari selatan Buenos Aires.

Ke-44 kru yang berada dalam kapal selam itu semuanya merupakan perempuan. Misi ini menjadi penyelaman kapal selam pertama Argentina yang diikuti anggota perempuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com