Kompas.com - 17/11/2017, 21:54 WIB
|
EditorErvan Hardoko

BAGHDAD, KOMPAS.com - AD Irak, Jumat (17/11/2017), berhasil merebut kembali kota terakhir negeri itu yang dikuasai Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Kota Rawa yang terletak di lembah Sungai Eufrat itu direbut lewat sebuah operasi kilat yang dimulai pada Jumat dini hari.

"Pasukan pemerintah dan unit-unit paramiliter berhasil membebaskan seluruh kota Rawa dan mengibarkan bendera Irak di seluruh gedung pemerintah," kata Jenderal Abdelamir Yarallah, Komandang Operasi Gabungan Irak (JOC).

Sementara itu, PM Haider al-Abadi memuji kecepatan tentaranya dalam merebut kota Rawa. Kini, kata Al-Abadi, tentara Irak akan melakukan "pembersihan" di gurun untuk mengamankan perbatasannya dengan Suriah.

Baca juga : Irak Lancarkan Operasi Militer Bebaskan Rawa Saat Fajar

"Secara militer, ISIS sudah dikalahkan tetapi kami tetap memburu sisa-sisa mereka untuk memusnahkan keberadaan mereka," ujar juru bicara JOC, Jenderal Yahya Rassoul.

AFP Penyusutan Wilayah Kelompok ISIS
Pakar masalah ISIS, Hisham al-Hashemi mengatakan, setelah kekalahan di kota Rawa, ISIS tak lagi memiliki kekuatan militer dan administratif yang nyata.

"Apa yang sudah berhasil dibebaskan adalah wilayah padat penduduk dengan perbatasan demarkasi," kata Hashemi.

"Namun, lembah-lembah sungai, oase, dan gurun yang kosong masih mencakup empat persen wilayah Irak yang masih dikuasai ISIS," tambah dia.

Di saat yang sama, ISIS juga menghadapi serangan hari kedua di kota terakhir yang mereka kuasai di Suriah, Albu Kamal.

Kini, ISIS telah kehilangan 95 persen wilayahnya di Irak dan Suriah sejak mendeklarasikan sebuah kekalifahan pada 2014.

Baca juga : ISIS Klaim Bom Bunuh Diri yang Tewaskan 14 Orang di Afganistan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.