Kompas.com - 17/11/2017, 13:28 WIB
|
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Sejumlah citra satelit yang diambil bulan ini dari sebuah galangan kapal AL Korea Utara mengindikasikan negeri itu sedang membangun kapal selam bersenjata misil balistik pertamanya.

38 North, sebuah organisasi pemantau perkembangan Korea Utara yang berbasis di Washington DC, Kamis (16/11/2017), mengatakan, foto-foto satelit itu diambil pada 5 November di galangan kapal Sinpo Selatan, Korea Utara.

"Penampakan yang kemungkinan besar adalah bagian dari sebuah kapal selam menujukkan pembuatan kapal selam baru, kemungkinan adalah Sinpo-C kapal selam bersenjata misil balistik," demikian laporan 38 North.

Laporan itu mengatakan, sepanjang 2017 terjadi banyak pergerakan pemindahan komponen dan bagian-bagian kapal keluar masuk galangan tersebut.

Baca juga : Seoul: Jangan Serang Korea Utara Tanpa Persetujuan Kami

Laporan tersebut menambahkan, foto yang diperoleh pada 5 November itu memperlihatkan dua obyek berbentuk lingkaran yang kemungkinan adalah tabung tekanan kapal selam.

Disebutkan bahwa kedua benda itu berukuran jauh lebih besar dari yang terdapat di kapal selam kelas Romeo milik Korea Utara.

Foto-foto itu juga memperlihatkan sebuah tempat uji coba mekanisme peluncuran misil dari kapal selam.

Meski demikian, laporan tersebut menegaskan, tak ada aktivitas di galangan itu yang menunjukkan kemungkinan adanya uji coba baru peluncuran misil dari kapal selam.

Korea Utara selama ini sedang mengembangkan misil yang bisa mengangkut hulu ledak nuklir dan memiliki daya jangkau hingga ke wilayah Amerika Serikat.

Kondisi ini memicu krisis internasional, apalagi setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan, semua opsi untuk menghentikan program nuklir Korea Utara tengah dipertimbangkan, termasuk invasi militer.

Korea Utara juga diyakini tengah mengembangkan misil berbahan bakar padat yang dapat diluncurkan dari kapal selam.

Baca juga : Korea Utara: Trump Pantas Dihukum Mati!

Bulan lalu, majalah The Diplomat mengutip seorang pejabat di pemerintahan AS mengatakan, intelijen militer mengendus adanya pembangunan kapal selam bertenaga diesel-listrik di galangan Sinpo.

Intelijen militer AS menyebut, kapal selam ini adalah penerus dari satu-satunya kapal selam bersenjata misil balistik yang selama ini masih dalam tahan eksperimen.

  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Telegraph
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.