Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grace Mugabe Pernah Habiskan Rp 2 Miliar untuk Sekali Belanja

Kompas.com - 16/11/2017, 21:49 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Daily Mail

HARARE, KOMPAS.com - Salah satu nama yang menjadi sorotan dalam kudeta militer di Zimbabwe adalah sang ibu negara Grace Mugabe.

Grace (52) kerap disorot karena berpeluang besar menjadi suksesor sang suami Robert Mugabe jika sang presiden wafat atau lengser.

Namun, hal lain yang juga amat diperhatikan dari sosok Grace Mugabe adalah gaya hidupnya yang luar biasa mewah di saat sebagian besar rakyat Zimbabwe sulit memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Grace diketahui pernah mengeluarkan uang 3 juta poundsterling atau sekitar Rp 53 miliar untuk pernikahan putrinya.

Baca juga : Direktur Studi Renaisans Afrika: Zimbabwe Tidak Akan Mengakui Grace Mugabe Jadi Pemimpin

Dia juga memiliki rumah mewah di berbagai lokasi di dunia, dan belum lama ini Grace membeli sebuah mobil mewah Rolls-Royce berharga 300.000 poundsterling atau Rp 5,3 miliar.

Pernah satu kali Grace dikabarkan menghabiskan 120.000 poundsterling atau setara Rp 2 miliar hanya untuk berbelanja di Paris, Perancis.

Grace, mantan penjual ayam, memulai skandal asmaranya dengan Mugabe saat bekerja sebagai sekretaris sang presiden.

Saat memulai skandal asmaranya itu, istri pertama Mugabe, Sally sedang sakit keras.

Setelah Sally meninggal dunia, Mugabe dan Grace akhirnya menikah pada 1996 yang disebut sebagai "Pernikahan Abad Ini" di Zimbabwe.

Kehidupan Grace dan suaminya selalu diwarnai kemewahan pesta, termasuk pesta ulang tahun Mugabe yang selalu dirayakan besar-besaran.

Menjadi ibu negara Zimbabwe, hobi Grace berbelanja semakin tak terbendung. Pada 2014, biaya belanja Grace mencapai 2 juta poundsterling atau Rp 35 miliar setahun.

Uang sebanyak itu digunakan Grace untuk membeli berbagai barang mewah termasuk 12 cincin berlian, 62 pasang sepatu Ferragamo, 33 pasing sepatu Gucci, dan jam tangan Rolex berharga Rp 1,4 miliar.

Pada 2002, Presiden Robert Mugabe dan keluarganya dilarang masuk ke Eropa. Hal ini membuat Grace tak bisa lagi berbelanja di tempat-tempat favoritnya seperti Harrods di London.

Namun, dia mengalihkan hobi belanjanya itu ke China dan Timur Tengah.

Saat putri tunggal Mugabe, Bona menikah pada 2014, setidaknya uang sebanyak Rp 53 miliar dikucurkan untuk perhelatan tersebut.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com