Kompas.com - 16/11/2017, 12:26 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


TOKY0, KOMPAS.com — Kereta di Jepang terkenal mengagumkan untuk sejumlah alasan, salah satunya ketepatan waktu kedatangan dan keberangkatan.

Namun, pada Selasa (14/11/2017), sebuah kereta di jalur Tsukuba Metropolitan Intercity berangkat tidak sesuai jadwal. Kereta itu berangkat lebih cepat 20 detik dari yang seharusnya.

Kereta Tsubuka Express seharusnya meninggalkan Stasiun Minami Nagareyama pada pukul 09.44. Namun, kereta itu malah berangkat pukul 9:43:40 atau 20 detik lebih awal.

Pihak manajemen Tsubuka Express mengeluarkan permintaan maaf secara resmi melalui situs perusahaan.

Baca juga: Tabrakan Kereta Api di Singapura, 25 Orang Terluka

Lalu, kenapa keberangkatan lebih cepat 20 detik itu harus dipermasalahkan?

Dilansir dari Japan Today, Kamis (16/11/2017), salah satu pendapat menyatakan, orang Jepang terlalu berlebihan menanggapi kesalahan 20 detik tersebut.

Seorang koresponden SoraNews24 menulis, banyaknya orang yang memberi perhatian pada keberangkatan kereta yang lebih cepat 20 detik, padahal setiap 4 menit, kereta Tsubuka Express melewati stasiun pada pagi hari.

Warga Jepang berkeyakinan kereta yang akan mereka tumpangi tiba tepat waktu. Beberapa orang akan ketinggalan kereta jika kereta lebih cepat berangkat dari biasanya.

Mereka harus menunggu selama 4 menit untuk naik kereta berikutnya. Penumpang yang ketinggalan harus bersaing dengan kloter penumpang kereta selanjutnya.

Belum lagi, risiko datang terlambat ke tempat kerja atau sekolah jika kereta lebih cepat berangkat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.