Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta di Jepang Berangkat Lebih Cepat 20 Detik, Manajemen Minta Maaf

Kompas.com - 16/11/2017, 12:26 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


TOKY0, KOMPAS.com — Kereta di Jepang terkenal mengagumkan untuk sejumlah alasan, salah satunya ketepatan waktu kedatangan dan keberangkatan.

Namun, pada Selasa (14/11/2017), sebuah kereta di jalur Tsukuba Metropolitan Intercity berangkat tidak sesuai jadwal. Kereta itu berangkat lebih cepat 20 detik dari yang seharusnya.

Kereta Tsubuka Express seharusnya meninggalkan Stasiun Minami Nagareyama pada pukul 09.44. Namun, kereta itu malah berangkat pukul 9:43:40 atau 20 detik lebih awal.

Pihak manajemen Tsubuka Express mengeluarkan permintaan maaf secara resmi melalui situs perusahaan.

Baca juga: Tabrakan Kereta Api di Singapura, 25 Orang Terluka

Lalu, kenapa keberangkatan lebih cepat 20 detik itu harus dipermasalahkan?

Dilansir dari Japan Today, Kamis (16/11/2017), salah satu pendapat menyatakan, orang Jepang terlalu berlebihan menanggapi kesalahan 20 detik tersebut.

Seorang koresponden SoraNews24 menulis, banyaknya orang yang memberi perhatian pada keberangkatan kereta yang lebih cepat 20 detik, padahal setiap 4 menit, kereta Tsubuka Express melewati stasiun pada pagi hari.

Warga Jepang berkeyakinan kereta yang akan mereka tumpangi tiba tepat waktu. Beberapa orang akan ketinggalan kereta jika kereta lebih cepat berangkat dari biasanya.

Mereka harus menunggu selama 4 menit untuk naik kereta berikutnya. Penumpang yang ketinggalan harus bersaing dengan kloter penumpang kereta selanjutnya.

Belum lagi, risiko datang terlambat ke tempat kerja atau sekolah jika kereta lebih cepat berangkat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com