Kompas.com - 10/11/2017, 21:13 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

NAYPYIDAW, KOMPAS.com - Pengadilan Myanmar menjatuhkan hukuman dua bulan penjara kepada seorang wartawan lokal dan tiga orang kru film karena menerbangkan pesawat tak berawak atau drone.

Keempat orang tersebut, seorang wartawan lokal Aung Naing Soe, dua kru asing Lau Hon Meng dari Singapura dan Mok Choy Lin dari Malaysia, serta sopir Hla Tin.

Mereka ditangkap bulan lalu saat syuting film dokumenter di ibu kota Naypyidaw karena menerbangkan drone di atas gedung parlemen Myanmar.

Baca juga: Induk Google Siapkan Armada Drone Pengantar Makanan

Diketahui kemudian, tim tersebut bekerja untuk stasiun penyiaran Turki, TRT.

Mereka mengaku mengambil ingin merekam gambar gedung parlemen setelah sebelumnya mewawancarai seorang anggota parlemen.

"Mereka telah mengaku menerbangkan drone itu, tapi hanya berharap sanksi denda. Karenanya mereka sangat terkejut saat mendengar hukuman mereka," kata pengacara tim, Khin Maung Zaw kepada AFP.

Tim tersebut juga terancam hukuman tambahan tiga tahun penjara atas tuduhan melakukan impor 'barang terlarang' tanpa izin resmi.

Mereka akan kembali menjalani persidangan pada 16 November 2017.

Kasus tersebut terjadi di tengah ketegangan antara Turki dengan negara Asia Tenggara itu menyusul tragedi kemanusiaan muslim Rohingya.

Hukuman kepada seorang wartawan tersebut juga kembali menyoroti pertentangan terhadap kebebasan pers di Myanmar pasca-berakhirnya pemerintahan junta pada 2011.

Komite Perlindungan Wartawan turut mengecam penangkapan tersebut dan menyebutnya sebagai bagian dari tekanan kepada kebebasan pers.

Baca juga: Sebuah Drone Tabrak Pesawat Komersial di Kanada

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.