Kompas.com - 10/11/2017, 15:55 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


MANILA, KOMPAS.com - Militan Pro-ISIS membunuh enam tentara dan melukai empat lainnya di Pulau Basilan, sebelah selatan Filipina.

Menurut juru bicara militer Filipina, Restituto Padilla, pada Jumat (10/11/2017), pasukan tentara sedang fokus membersihkan kelompok pemberontak yang tersisa, setelah mendapatkan kembali Marawi yang sempat dikuasai militan.

Dilansir dari Strait Times, militer Filipina memindahkan operasinya di Pulau Basilan setelah mengakhiri pertempuran selama lima bulan melawan militan pro-ISIS di Mawarawi.

"Kami mengejar elemen Abu Sayyaf yang berada di Basilan. Sampai saat ini, telah terjadi baku tembak yang dilaporkan kepada kami, khususnya pagi ini," ucapnya.

Baca juga : Tiga Negara Akan Duduk Semeja Membahas Pembangunan Ulang Marawi

Keenam tentara yang tewas tersebut sempat dilarikan ke rumah sakit pada Rabu (8/11/2017) sore, setelah pasukan melakukan pencarian Abu Sayyaf sub-komando Furiji Indama.

Namun, terjadi pertikaian yang sengit dengan kelompok militan itu di kota Sumisip.

Sementara, pemerintah Filipina belum dapat menentukan jumlah militan yang tewas dan terluka dalam pertempuran selama empat jam tersebut.

"Kami kan terus mengejar Abu Sayyaf dan menghentikannya," kata juru bicara militer lainnya, Jo-Ann Petinglay.

Militan Abu Sayyaf telah melakukan sejumlah aksi pemboman, pemenggalan, pemerasan, dan penculikan. Kelompok itu juga ambil bagian dalam penyerangan di Marawi pada Mei lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.