Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militan Pro-ISIS Tewaskan Enam Tentara Filipina

Kompas.com - 10/11/2017, 15:55 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


MANILA, KOMPAS.com - Militan Pro-ISIS membunuh enam tentara dan melukai empat lainnya di Pulau Basilan, sebelah selatan Filipina.

Menurut juru bicara militer Filipina, Restituto Padilla, pada Jumat (10/11/2017), pasukan tentara sedang fokus membersihkan kelompok pemberontak yang tersisa, setelah mendapatkan kembali Marawi yang sempat dikuasai militan.

Dilansir dari Strait Times, militer Filipina memindahkan operasinya di Pulau Basilan setelah mengakhiri pertempuran selama lima bulan melawan militan pro-ISIS di Mawarawi.

"Kami mengejar elemen Abu Sayyaf yang berada di Basilan. Sampai saat ini, telah terjadi baku tembak yang dilaporkan kepada kami, khususnya pagi ini," ucapnya.

Baca juga : Tiga Negara Akan Duduk Semeja Membahas Pembangunan Ulang Marawi

Keenam tentara yang tewas tersebut sempat dilarikan ke rumah sakit pada Rabu (8/11/2017) sore, setelah pasukan melakukan pencarian Abu Sayyaf sub-komando Furiji Indama.

Namun, terjadi pertikaian yang sengit dengan kelompok militan itu di kota Sumisip.

Sementara, pemerintah Filipina belum dapat menentukan jumlah militan yang tewas dan terluka dalam pertempuran selama empat jam tersebut.

"Kami kan terus mengejar Abu Sayyaf dan menghentikannya," kata juru bicara militer lainnya, Jo-Ann Petinglay.

Militan Abu Sayyaf telah melakukan sejumlah aksi pemboman, pemenggalan, pemerasan, dan penculikan. Kelompok itu juga ambil bagian dalam penyerangan di Marawi pada Mei lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com