Kompas.com - 10/11/2017, 12:32 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


MANILA, KOMPAS.com - Presiden Filipina Rodrigo Duterte, yang tengah menghadapi kritikan atas perang berdarah melawan narkoba di negaranya, menginginkan agar "world summit" mengenai hak asasi manusia diselenggarakan di Filipina.

Keinginannya itu dilontarkan saat konferensi pers di forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC), di Vietnam, Kamis (9/11/2017) malam waktu setempat.

Dilansir dari Strait Times, Jumat (10/11/2017), konferensi tingkat tinggi itu tak hanya membahas pelanggaran HAM di Filipina, namun juga secara global.

"Mari kita memiliki pertemuan tertinggi untuk bagaimana dapat melindungi HAM bagi semua orang," katanya.

Baca juga : Duterte Akan Biarkan Anaknya Ditembak Mati jika Terlibat Narkoba

"Apa yang membuat kematian orang-orang di Filipina lebih penting daripada anak-anak lain di dunia yang dibantai dan dibunuh," tambahnya.

Beberapa negara barat dan kelompok HAM mengkritik keras kampanye anti-narkotik di Filipina yang telah menewaskan 3.900 pengguna dan pengedar narkoba.

Pembunuhan terhadap tersangka penyalahgunaan narkoba diklaim polisi sebagai pembelaan diri karena pelaku menggunakan senjata.

Namun, para kritikus menyebut eksekusi itu dilakukan tanpa pertanggungjawaban.

Baca juga : Perang Duterte Vs Trillanes, Hancurkan atau Dihancurkan...

Duterte mengatakan, semua korban pelanggaran HAM diperkenankan hadir dalam pertemuan puncak tersebut dan menyampaikan keluhan mereka.

Pria 72 tahun itu juga mengecam Pakar HAM PBB Agnes Callamard yang berniat untuk menginvestigasi kematian orang dalam pemberantasan narkoba di Filipina.

Dia malah bertanya mengapa Callamard tidak pernah berkomentar terkait korban-korban bom dan kekerasan di Timur Tengah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.