Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macron Bertemu Putra Mahkota Arab Saudi. Ada Apa?

Kompas.com - 10/11/2017, 10:36 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP


RIYADH, KOMPAS.com - Presiden Perancis Emmanuel Macron menemui Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman pada Kamis (9/11/2017) malam waktu setempat, menyusul adanya ketegangan antara Iran dan Saudi terkait krisis di Yaman dan Lebanon.

Dilansir dari AFP, Jumat (10/11/2017), kunjungan tersebut merupakan tatap muka pertama di antara keduanya. Macron mengatakan, kedatangannya sebagai upaya mendamaikan Saudi dan Iran yang sedang bersitegang.

"Saya telah mendengar beberapa posisi yang sulit (yang diambil Saudi terhadap Iran)," katanya di Dubai, sebelum terbang ke Saudi.

Sebelumnya, Saudi telah menggagalkan serangan rudal yang menyerang Bandara Riyadh, pada Sabtu (4/11/2017). Serangan itu diklaim berasal dari pemberontak Huthi yang didukung Iran.

Baca juga : Bantu Pemberontak Houthi, Saudi Sebut Iran Berusaha Menyatakan Perang

Saudi bahkan menyebut Iran telah melakukan agresi langsung. Namun, Iran menolak keras tuduhan Saudi.

"Presiden Perancis mengecam serangan rudal Huthi ke Riyadh, dan mendukung upaya solidaritas dengan Kerajaan Saudi," tulis Biro Pers Saudi.

Kedua pemimpin itu juga membahas perkembangan terakhir di Timur Tengah, sekaligus koordinasi dalam menjaga keamanan dan stabilitas kawasan, termasuk perang melawan terhadap terorisme.

Namun, tahun lalu, Macron berulang kali mengatakan ingin mempertahankan kesepakatan nuklir, kendati mendapat pertentangan dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Baca juga : Saudi Serang Kampung di Yaman pada Tengah Malam, 30 Orang Tewas

Selain itu, Macron dan Pangeran Mohammed juga membahas perkembangan Lebanon, terkait pengunduran diri Perdana Menteri Lebanon, Saad Hariri, akibat adanya ancaman pembunuhan.

Lebanon, merupakan bekas jajahan Perancis, telah menjadi garis depan utama perebutan kekuasan antara Arab Saudi dan Iran. Saudi juga meminta warganya untuk meninggalkan Lebanon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com