Kompas.com - 09/11/2017, 14:37 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


BEIJING, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mendesak China dan Rusia untuk bertindak cepat menyelesaikan krisis ancaman nuklir Korea Utara.

Pernyataan itu dia lontarkan saat bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing, Kamis (9/11/2017).

Pemutusan kerja sama ekonomi dengan Korut dianggap mampu mematahkan program senjata nuklir dan rudal yang sedang dikembangkan Korut.

Dilansir dari AFP, Trump berterima kasih pada Xi atas usahanya untuk membatasi perdagangan dengan Korut, dan memotong semua hubungan perbankan dengan sekutu China.

Namun, Trump meminta Xi untuk berbuat lebih banyak lagi.

Baca juga : Bertemu Xi Jinping, Trump Klaim Temukan Solusi Jitu Atasi Korut

"Kita harus bertindak. Saya berharap China bertindak lebih cepat dan lebih efektif untuk mengatasi ancaman ini," katanya.

"China bisa menyelesaikan masalah ini dengan mudah dan cepat. Saya berharap China dan presidennya yang hebat untuk bekerja keras dalam hal ini," ucapnya.

Trump yang diperkirakan akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di penyelenggarakan APEC di Vietnam pekan ini, meminta bantuan Rusia yang juga memiliki hubungan ekonomi dengan Korut.

"Saya juga berharap Rusia membantu mengendalikan situasi yang berpotensi menjadi tragis ini," kata Trump.

Baca juga : Trump Segera Tentukan Sikap pada Korea Utara Usai Tur Asia

Sebelumnya, Trump dan Xi mengklaim ada solusi jitu untuk mengatasi ancaman nuklir.

Namun, dia tidak menjelaskan lebih jauh solusi yang dimaksud. Namun, dia meyakini pengaruh ekonomi China terhadap Korut adalah kunci kekuatan militer negara pimpinan Kim Jong Un.

China telah meminta perundingan untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan damai

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.