Kompas.com - 09/11/2017, 13:50 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


BEIJING, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengklaim, telah menemukan solusi jitu untuk mengatasi ancaman Korea Utara, saat bertemu dengan Presiden China Xin Jinping.

Trump mengatakan, pertemuannya dengan Xi di Balai Agung Rakyat China, berfokus pada ancaman nuklir dari Pimpinan Korea Utara Kim Jong Un, dan potensi kerja sama perdagangan di antara kedua negara.

"Pertemuan kami pagi ini sangat baik tentang Korea Utara. Saya meyakini ada sebuah solusi untuk itu, seperti yang Anda yakini juga," katanya, dilansir dari AFP, Kamis (11/9/2017).

Trump tidak menjelaskan lebih jauh mengenai solusi tersebut. Namun, dia kemungkinan  akan menekan Xi untuk membatasi perdagangan antara China dan Korea Utara.

Baca juga : Trump: China Bukan Manipulator Mata Uang

Selama ini, ekonomi Korea Utara mengandalkan kerja sama perdagangan dengan China, yang merupakan negara dengan kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Xi, yang berulang kali mendesak AS dan Korut untuk mengadakan perundingan guna menyelesaikan krisis dengan damai, berharap ada komunikasi dan koordinasi terkait isu-isu utama di Semenanjung Korea dan Afganistan.

Sebelumnya, kedua pemimpin negara itu pernah bertemu di AS pada April lalu.

"Bagi China dan AS, kerja sama adalah satu-satunya pilihan yang tepat  untuk membawa masa depan lebih baik," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.