Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/11/2017, 07:48 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump disebut tengah mempertimbangkan apakah AS akan kembali menunjuk Korea Utara sebagai 'negara sponsor terorisme'.

Keputusan akan hal tersebut akan diambil Trump usai merampungkan tur Asia pada pekan depan. Demikian disampaikan Gedung Putih pada Rabu (8/11/2017).

Penunjukan tersebut awalnya telah dicabut pada masa pemerintahan George W Bush pada 2008.

Jika nanti Trump benar-benar kembali menunjuk Korea Utara sebagai negara sponsor terorisme, maka hal tersebut akan menempatkan Pyongyang dalam daftar hitam.

Baca juga: Trump kepada Korea Utara: Jangan Main-main dengan Kami

Hal tersebut nantinya akan berdampak pada lebih banyak sanksi sepihak dari AS kepada Korea Utara.

"Presiden berkata akan membuat keputusan di akhir perjalanan (ke Asia)," kata juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders dilaporkan AFP.

Trump saat ini masih berada di China untuk bertemu Presiden Xi Jinping dan membahas hubungan kedua negara dengan Korea Utara.

Di Beijing, Trump akan meyakinkan Xi Jinping untuk lebih memberikan tekanan kepada sekutu era perang dinginnya, Korea Utara, untuk menghentikan ambisi nuklirnya.

China adalah negara ketiga yang dikunjungi Trump dalam rangkaian tur Asia kali ini setelah sebelumnya mengunjungi Jepang dan Korea Selatan.

Trump akan bertolak ke Vietnam pada Jumat (10/11/2017) sebelum mengakhiri perjalanan dengan berkunjung ke Filipina pada 12-13 November.

Baca juga: Di China, Trump Dapat Perlakuan Istimewa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com