Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transgender Pertama Menangkan Kursi Legislatif di AS

Kompas.com - 08/11/2017, 13:31 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


VIRGINIA, KOMPAS.com - Calon legislatif negara bagian Virginia, Amerika Serikat, dari Partai Demokrat, Danica Roem, memenangkan suara mayoritas pemilih, menjadikannya sebagai anggota legislatif transgender pertama di Virgina.

Dilansir dari CNN, Rabu (8/11/2017), Roem mengalahkan kandidat inkumben, Bob Marshal dari Partai Republik, yang telah menduduki kursi legislatif sejak 1992.

Roem yang berusia 33 tahun itu merupakan orang transgender pertama yang melakukan kampanye terbuka mengenai identitasnya.

Sebelumnya, Althea Garrison terpilih sebagai anggota legislatif di negara bagian Massachusetts pada 1992. Namun, dia tidak secara terbuka saat kampanye sebagai seorang transgender.

Baca juga : Pengadilan Batalkan Peraturan Trump, Transgender Boleh Berdinas di Militer

Saat kampanye, Roem yang dulunya berprofesi sebagai jurnalis ini lebih fokus pada masalah lapangan pekerjaan dan lalu lintas ketimbang identitas gender.

Sementara, lawan Roem di pemilihan, Marshall, pernah mengajukan Undang-undang Privasi Fisik, yang mewajibkan warga untuk menggunakan toilet sesuai dengan jenis kelamin di akte kelahiran.

Laman The Hill menulis, Marshall bahkan menyebut dirinya sebagai "ketua homofobia" Virgina. Dalam iklan kampanyenya, dia pernah menyinggung masalah identitas gender Roem.

Para pendukung LGBTQ memuji kemenangan Roem pada Selasa (7/11/2017) malam waktu setempat. Kemenangannya juga disebut sebagai peringatan keras terhadap anggota parlemen yang anti-keseteraan gender di AS.

Presiden Kampanye HAM (HRC), Chad Griffin menyatakan dukungan terhadap Roem dan siap bekerja sama untuk melanjutkan kebijakan terkait kesetaraan gender.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com