Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aktivitas di India Nyaris Lumpuh akibat Kabut Polusi Terparah

Kompas.com - 08/11/2017, 08:12 WIB
Veronika Yasinta

Penulis


NEW DELHI, KOMPAS.com - Kabut asap tebal akibat tingkat polusi udara yang parah di New Delhi, India, menyebabkan kelumpuhan di beberapa aktivitas pokok di kota itu.

Sebanyak 50 penerbangan di Bandara Internasional Indira Gandhi harus ditunda pada Selasa (8/11/2017) pagi. Dua dari tiga landasan pacu tidak dapat beroperasi.
 
Laman The Indian Express, Rabu (8/11/2017) menulis, jarak pandang di landas pacu pesawat hanya 200 meter pada pukul 07.00-08.00 pagi waktu setempat.

Jarak pandang sedikit membaik sekitar pukul 11.00. Sementara, beberapa maskapai penerbangan telah membatalkan penerbangan hingga 9 November 2017.

Baca juga : Pagi Ini, New Delhi Diselimuti Asap Polusi Terburuk

Selain itu, pemerintah meminta sekolah dasar untuk meliburkan kegiatan belajar pada Rabu ini. Beberapa sekolah bahkan telah meliburkan muridnya sejak beberapa hari sebelumnya.

"Kami akan mengevaluasi situasi setiap jam untuk melihat apakah penutupan sekolah perlu diperpanjang," katanya Wakil Menteri Utama Delhi, Manish Sisodia, seperti dilansir dari AFP.

Pemerintah juga melarang kegiatan di luar ruangan kepada 6.000 sekolah tingkat menengah dan atas di ibu kota.

Asosiasi Medis India mengumumkan kondisi darurat kesehatan. Kabut tebal ini juga telah memicu kemarahan publik.

Baca juga : Sepanjang 2015, Polusi Sebabkan Kematian 9 Juta Orang

Pada Selasa (7/11/2017) pagi, situs Kedutaan Besar Amerika Serikat di New Delhi menulis, angka Particulate Matter (PM) 2,5, mencapai 703, atau dua kali dari level bahaya di angka 300.

PM 2,5 digunakan untuk mengukur polutan paling berbahaya bagi kesehatan.

Sementara itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menempatkan New Delhi sebagai kota paling berpolusi di dunia, dengan tingkat kualitas udara yang lebih buruk daripada Beijing.

Laporan jurnal medis The Lancet menyebutkan, polusi udara yang buruk ini telah menewaskan 2,5 juta orang di India. Angka ini merupakan angka kematian tertinggi  di dunia akibat pencemaran udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com