Kompas.com - 07/11/2017, 18:53 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

BRUSSELS, KOMPAS.com — Presiden tersingkir Catalonia Carles Puigdemont meyakini adanya upaya Pemerintah Spanyol melakukan penindasan dan kekerasan kepada dirinya dan orang-orang di kabinetnya.

Alasan itu pula yang kemudian mendorong Puigdemont melarikan diri ke Belgia.

"Saya sepenuhnya yakin bahwa Pemerintah Spanyol sedang mempersiapkan gelombang penindasan dan kekerasan yang mana kita semua harus bertanggung jawab," ujarnya kepada radio Catalonia.

Baca juga: Carles Puigdemont: Saya Tak Bisa Pulang ke Spanyol

Puigdemont mengatakan dirinya dan empat mantan menterinya mewakili pemerintahan terasing Catalonia di Belgia.

Sementara beberapa anggota kabinetnya tengah berupaya mengumpulkan dukungan internasional untuk mendorong kemerdekaan Catalonia.

Puigdemont, yang pemerintahannya mengumumkan kemerdekaan dari Spanyol bulan lalu kemudian dibubarkan oleh Madrid, kini menghadapi ancaman ekstradisi dan tuduhan melakukan penghasutan dan pembangkangan.

Pemerintah Spanyol menolak referendum dan kemerdekaan Catalonia, serta mengambil alih kekuasaan dengan menggunakan aturan darurat dalam konstitusinya.

Selanjutnya, pemilihan kepala daerah akan digelar pada 21 Desember 2017. Puigdemont  menyatakan siap untuk kembali mencalonkan diri.

Sebelumnya, Puigdemont dan empat mantan menterinya harus terlebih dulu menghadiri persidangan di Belgia atas permintaan ekstradisi dari Spanyol.

Baca juga: Spanyol Keluarkan Surat Perintah Penangkapan Pemimpin Catalonia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
100 HARI KELILING INDONESIA
Perjalanan KRI Bima Suci Menuju Laut China Selayan Yang Dikenal Berombak Ganas
Perjalanan KRI Bima Suci Menuju Laut...
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.