Transportasi Publik Hongkong Terbaik di Dunia, Jakarta Peringkat Ke-89 - Kompas.com

Transportasi Publik Hongkong Terbaik di Dunia, Jakarta Peringkat Ke-89

Kompas.com - 04/11/2017, 15:59 WIB
Pemandangan dari atas The Peak di Hongkong.
KOMPAS/ANASTASIA JOICE Pemandangan dari atas The Peak di Hongkong.

HONGKONG, KOMPAS.com - Hongkong, wilayah bekas jajahan Inggris, didaulat menjadi kota dengan sistem transportasi publik terbaik di dunia.

Nama Hongkong menjadi yang teratas dalam 2017 Sustainable Cities Mobility Index, sebuah daftar tahunan yang dirilis kelompok desain, rekayasa teknologi, dan konsultan, Arcadis.

Untuk menyusun daftar ini para pakar menilai semua hal terkait sistem transportasi publik di 100 kota berbeda di dunia.

Para penilai menggunakan 23 indikator yang dibagi menjadi tiga katagori yaitu masyarakat (keamanan, akses, pemeliharaan, dan jumlah penumpang), planet (catatan lingkungan, kemacetan, keterlambatan, infrstruktur pesepeda, polusi udara), dan profit (keuangan publik, keterjangkauan, kesehatan ekonomi).

Baca juga : Pemprov DKI Diundang untuk Tinjau Operasional MRT di Hongkong

Hongkong menurut penilaian para pakar dengan menggunakan ke-23 indikator tadi dianggap menjadi kota dengan sistem transportasi publik terbaik di dunia.

Bandara Internasional Hongkong (HKIA) merupakan salah satu yang terbaik dan tersibuk di dunia dengan 70,5 juta penumpang pada 2016.

HKIA kini beroperasi dengan 99 persen kapasitasnya, landasan pacu ketiga sedang dibangun dan akan operasional pada 2014.

Ekspansi bandara ini menunjukkan peran Hongkong sebagai penghubung China daratan dengan dunia yang merupakan bagian dari inisiatif Sabuk dan Jalan yang diprakarsai Beijing.

Akhir 2017, jembatan yang menghubungkan Hongkong-Zhuhai-Makau selesai dibangun. Terlepas dari kontroversinya, jembatan ini dibangun untuk semakin mengintergrasikan perekonomian Hongkong dan kawasan Delta Sungai Pearl.

Sementara itu, angkutan publik Hongkong dalam sehari digunakan rata-rata oleh 12,6 juta orang. Selain itu, sistem Mass Transit Railway kota ini dianggap sebagai yang paling efisien di dunia.

Setelah Hongkong, Zurich (Swiss) menjadi kota kedua dengan sistem transportasi terbaik. Berturut-turut di lima besar Paris (Perancis), Seoul (Korea Selatan), dan Praha (Republik Ceko).

Bagaimana dengan Jakarta? Ibu kota Indonesia ini hanya menempati posisi ke-89 dari 100 kota dengan sistem transportasi terbaik di dunia.

Baca juga : Jika MRT Jakarta Mau seperti di Hongkong, Ada 3 Hal Harus Dilakukan

Untuk ukuran Asia Tenggara, Jakarta masih berada di atas Bangkok (92), Kuala Lumpur (95), dan Hanoi (96).

Namun, kota Asia Tenggara dengan sistem transportasi terbaik menurut daftar ini ditempati Singapura yang duduk di posisi kedelapan.


EditorErvan Hardoko
Komentar

Terkini Lainnya


Close Ads X