Kompas.com - 04/11/2017, 14:28 WIB
|
EditorErvan Hardoko

KAIRO, KOMPAS.com — Seorang presenter televisi Mesir dijatuhi hukuman 3 tahun penjara setelah mendiskusikan soal perempuan yang memiliki anak di luar pernikahan.

Doaa Salah, nama presenter itu, dalam diskusi yang disiarkan stasiun televisi Al-Nahar menanyakan pendapat penonton soal berhubungan seks sebelum menikah.

Dalam acara yang sama, Doaa juga menyarankan perempuan bisa saja menikah demi mendapatkan anak lalu menceraikan suaminya.

"Jika seorang perempuan bercerai, dia akan menjadi janda sekaligus orangtua tunggal. Jadi, Anda bisa memilih menjadi orangtua tunggal sebelum menikah," kata Doaa saat membuka acara Dodi Show.

Baca juga: Tampilkan Belahan Dada Saat Seleksi, Gadis Ini Diterima Jadi Presenter Televisi

Tak lama setelah acara itu ditayangkan pada Juli lalu, Ashraf Naji, seorang pengacara, mengajukan gugatan hukum terhadap Doaa.

Doaa dikabarkan harus membayar kompensasi 10.000 pound Mesir atau sekitar Rp 7,6 juta.

Doaa juga kemudian dinonaktifkan dari pekerjaannya selama tiga bulan tak lama setelah penayangan program itu.

Menurut kantor berita EFE, pemerintah menilai, ide yang dilontarkan Doaa itu mengancam pola kehidupan masyarakat Mesir.

Meski memiliki anak di luar pernikahan bukan hal ilegal di Mesir, tetap saja hal itu bukan situasi yang bisa diterima secara umum.

Para orangtua amat kesulitan mendapatkan kata kelahiran anak-anak ini karena peraturan mengharuskan adanya ayah yang jelas dari anak-anak itu.

Meski sudah divonis 3 tahun penjara, Doaa masih memiliki kesempatan mengajukan banding.

Baca juga: Tak Menikah dan Hamil, Presenter TV Dipecat, Perdana Menteri Pun Turun Tangan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.