Kompas.com - 02/11/2017, 19:34 WIB
|
EditorErvan Hardoko

ACCRA, KOMPAS.com - Mahkamah Agung Ghana mewajibkan para hakim di negeri itu mengenakan wig saat manjalankan tugas.

Perintah dari Hakim Agung Sophia Akuffo itu efektif berlaku mulai Rabu (1/11/2017), sehingga kini semua hakim di Ghana harus mengenakan wig saat bertugas.

Perdebatan soal keharusan mengenakan wig ini sudah lama berlangsung di Ghana. Sebagian besar kalangan menentang karena menganggal aturan itu ketinggalan zaman dan merupakan peninggalan penjajah.

Namun, Mahkamah Agung mengatakan, keputusan mengharuskan hakim mengenakan wig adalah untuk menyembuhkan budaya santai yang mulai merambah sistem peradilan Ghana.

Baca juga : Kedubes AS Palsu di Ghana Sudah Terbitkan Visa Selama 10 Tahun

Penggunaan wig, memo perintah Mahkamah Agung itu, juga untuk memunculkan suasana formal dalam proses persidangan dan memberikan anonimitas bagi para hakim

Di Ghana, para hakim di Mahkamah Agung atau Pengadilan Banding selalu bertugas dengan jubah lengkap dengan wig berwarna putih.

Hakim Agung Sophia Akuffo merupakan perempuan kedua yang memimpin Mahkamah Agung Ghana.

Ketua Mahkamah Agung adalah orang nomor empat di Ghana setelah presiden, wakil presiden, dan ketua parlemen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.