Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Uzbekistan di AS Kaget Lihat Penampilan Pelaku Teror Truk

Kompas.com - 02/11/2017, 16:58 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com - Warga Uzbekistan yang tinggal di kota New York merasa cemas saat mendengar pemberitaan tentang pelaku teror truk pada Selasa (31/10/2017) lalu adalah orang sebangsanya.

Namun mereka lebih terkejut, bahkan bingung, saat melihat foto Sayfullo Saipov, pelaku teror yang menyebabkan delapan orang meninggal itu.

Yang membuat mereka heran adalah janggut yang tumbuh lebat di wajah pemuda 29 tahun itu.

Baca juga: Siapa Sayfullo Saipov Pelaku Teror Truk di New York?

Dilansir dari Al Arabiya, menurut mereka, tidak biasa bagi warga Uzbekistan, terlebih pria muda, menumbuhkan janggut yang lebat dan tak terawat seperti Saipov.

Bahkan menurut mereka, pelaku lebih seperti orang Pakistan, Afganistan, atau Tajikitan.

"Di Uzbekistan, pria berjanggut, tidak akan bisa berjalan-jalan dengan penampilan seperti itu," ujar Ashraf Zakirov, warga Uzbekistan yang tinggal di AS.

Banyak warga Uzbekistan memilih bermigrasi karena kurangnya lapangan pekerjaan dan ketatnya peraturan dalam perilaku dan mengemukakan pendapat.

Ribuan warga kemudian menemukan tempat mereka di New York, sebagai salah satu rumah bagi komunitas Uzbekistan terbesar di AS.

"Di sini (AS) lebih banyak kebebasan. Saat dia tiba di AS, saya yakin dia tidak pernah berjanggut," ujar Zakirov seraya meyakini pelaku teror berubah radikal setelah pindah ke AS.

Salah Pilih Tempat Ibadah

Warga Uzbekistan lainnya, Bakhtiyor Akramov, yang membuka sebuah toko pakaian pria di Kenshington, mengatakan kemungkinan Saipov berubah setelah memilih tempat ibadah yang salah.

Akramov mengakui memang sulit menemukan masjid Uzbekistan di AS, sehingga terkadang muslim Uzbekistan harus memilih beribadah di masjid berbahasa Arab.

"Di masjid Uzbekistan Anda tidak akan melihat janggut seperti miliknya," kata Akramov.

Baca juga: Pelaku Teror Truk New York Teradikalisasi di Dalam Negeri

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com