Kompas.com - 01/11/2017, 19:40 WIB
|
EditorErvan Hardoko

NEW YORK, KOMPAS.com - Pria asal Uzbekistan yang menabrakkan mobilnya ke arah pejalan kaki dan pesepeda di New York teradikalisasi di dalam negeri.

"Pelaku memang terkait dengan ISIS, tetapi dia teradikalisasi di dalam negeri," kata gubernur New York, Andrew Cuomo, Rabu (1/11/2017).

Tersangka, Sayfullo Saipov, ditembak polisi usai melakukan aksinya yang menewaskan delapan orang di Manhattan, Selasa (31/10/2017).

Sayfullo mengalami luka tembak di perut tetapi diharapkan dia akan pulih setelah mendapatkan perawatan medis di rumah sakit.

Baca juga : Uzbekistan Siap Bantu AS Usut Tuntas Teror Truk New York

"Dia adalah seorang pengecut, itulah yang sebenarnya. Dia teradikalisasi di dalam negeri dan benar-benar seorang pengecut," kata Cuomo saat diwawancarai CNN.

Sayfullo Saipov dikabarkan masuk ke Amerika Serikat pada 2010 dan sempat tinggal di Ohio, Florida, dan akhirnya di kota Patterson, New Jersey.

Dari Ohio, Saipov pindah ke Florida dan bekerja sebagai pengemudi truk sebelum menjadi pengemudi Uber saat tinggal di New Jersey.

Tidak diketahui pasti waktu kepindahan Saipov ke New Jersey dan mulai menjadi pengemudi Uber. Namun, yang jelas dia lolos dari pemeriksaan latar belakang di perusahaan itu.

Pemerintah AS hingga saat ini belum berkomentar soal kemungkinan motif yang mendorong Saipov melakukan aksinya itu.

Namun, harian The New York Times mengabarkan, Saipov sebenarnya sudah berada dalam pengawasan pemerintah federal.

Baca juga : Mengapa AS Tak Sebut Penembak di Las Vegas Sebagai Teroris?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.