Kompas.com - 31/10/2017, 07:44 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

ANKARA, KOMPAS.com - Pengumuman pemimpin Kurdi Irak, Masoud Barzani tentang rencana pengunduran dirinya disambut gembira dalam pemberitaan media pro-pemerintah Turki.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan menuduh Barzani, bekas sekutu dekatnya, berkhianat karena menggelar referendum kemerdekaan pada bulan Oktober lalu.

Baca juga : Penerbangan Internasional di Ibu Kota Kurdi-Irak Dihentikan, Ada Apa?

"Turki, baik secara terbuka atau tidak, akan sangat senang dengan disingkirkannya Barzani sebagai presiden dan diganti dengan orang lain."

Demikian dikatakan mantan diplomat senior Turki, Aydin Selcen, yang mendirikan Konsulat Turki di Ibu Kota daerah Kurdi Irak, Irbil.

Baca juga : Jelang Penutupan Penerbangan, Warga Asing di Kurdi-Irak Padati Bandara

Ankara, lewat tekanan diplomatik dan ekonomi, terang-terangan mengupayakan agar orang-orang Kurdi membatalkan niat mereka untuk merdeka.

Ankara khawatir langkah itu dapat memicu minoritas Kurdi di wilayah lain -termasuk di Turki, untuk meniru hingga mengundang pergolakan.

Kendati demikian, Turki pun harus menanggung kerugian besar dengan pengunduran diri Barzani.

Sejak akhir tahun 2000-an, Presiden Erdogan menjalin hubungan politik yang erat dengan Barzani.

Hubungan itu terealisasi dalam perdagangan yang berkembang pesat, menyusul ketidakpercayaan terhadap kepemimpinan Irak.

Erdogan berulang kali menuduh Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi dan pendahulunya, Nouri al-Maliki, menjalankan kebijakan melawan minoritas Sunni Irak.

Hal itu menjadi sebuah sikap yang konsisten dengan kecenderungan Presiden Turki untuk menunjukkan diri sebagai pembela hak warga Sunni di kawasan itu.

Baca: Baca juga : Jadi Korban Presiden Erdogan, Wali Kota Ankara Mengundurkan Diri

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.