Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penasihat Kampanye Donald Trump Mengaku Bohongi FBI

Kompas.com - 30/10/2017, 22:13 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Penasihat kampanye Donald Trump mengaku bersalah telah berbohong kepada FBI yang menyelidiki keterlibatan Rusia dalam kampanye presiden tahun lalu.

Pengakuan ini tercantum dalam sejumlah dokumen pengadilan yang dipublikasikan, Senin (30/10/2017).

George Papadopoulos, penasihat kebijakan luar negeri dalam kampanye presiden tahun lalu itu, mengajukan pembelaan pada 5 Oktober lalu yang berisi sebuah pengakuan.

Baca juga : Tim Hillary Clinton ?Membiayai? Berkas ?Kotor? Donald Trump

Papadopoulos mengaku dia memang mencari kontak-kontak rahasia dengan seorang profesor di Moskwa yang menawarkan informasi negatif tentang Hillary Clinton, rival Donald Trump.

"Lewat pernyataan-pernyataan bohong dan kelalaiannya, Papadopoulos menghambat investigasi FBI yang mencari kaitan antara beberapa orang yang terkait dengan kampanye dan upaya Rusia mencampuri pemilihan presiden 2016," demikian isi dokumen  itu.

Dokumen-dokumen pengadilan ini dibuka pada Senin, tak lama setelah ketua tim kampanye Trump, Paul Manafort dan rekan bisnisnya Rick Gates didakwa melakukan konspirasi melawan Amerika Serikat, pencucian uang, dan membuat pernyataan palsu.

Ini adalah dakwaan pertama yang dipublikasikan oleh jaksa Robert Mueller sejak dia menangani penyelidikan terkait Rusia ini sejak Mei lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com