Kompas.com - 30/10/2017, 22:13 WIB
|
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Penasihat kampanye Donald Trump mengaku bersalah telah berbohong kepada FBI yang menyelidiki keterlibatan Rusia dalam kampanye presiden tahun lalu.

Pengakuan ini tercantum dalam sejumlah dokumen pengadilan yang dipublikasikan, Senin (30/10/2017).

George Papadopoulos, penasihat kebijakan luar negeri dalam kampanye presiden tahun lalu itu, mengajukan pembelaan pada 5 Oktober lalu yang berisi sebuah pengakuan.

Baca juga : Tim Hillary Clinton ?Membiayai? Berkas ?Kotor? Donald Trump

Papadopoulos mengaku dia memang mencari kontak-kontak rahasia dengan seorang profesor di Moskwa yang menawarkan informasi negatif tentang Hillary Clinton, rival Donald Trump.

"Lewat pernyataan-pernyataan bohong dan kelalaiannya, Papadopoulos menghambat investigasi FBI yang mencari kaitan antara beberapa orang yang terkait dengan kampanye dan upaya Rusia mencampuri pemilihan presiden 2016," demikian isi dokumen  itu.

Dokumen-dokumen pengadilan ini dibuka pada Senin, tak lama setelah ketua tim kampanye Trump, Paul Manafort dan rekan bisnisnya Rick Gates didakwa melakukan konspirasi melawan Amerika Serikat, pencucian uang, dan membuat pernyataan palsu.

Ini adalah dakwaan pertama yang dipublikasikan oleh jaksa Robert Mueller sejak dia menangani penyelidikan terkait Rusia ini sejak Mei lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.