Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2017, 09:13 WIB
|
EditorVeronika Yasinta

RIYADH, KOMPAS.com - Tak hanya mengizinkan perempuan untuk mengemudi mobil, Arab Saudi juga bakal memperbolehkan perempuan untuk menyaksikan pertandingan olahraga di stadion pada tahun depan.

Kerajaan yang memiliki aturan keras bagi perempuan ini, telah lama melarang perempuan berada di arena olahraga. Aturan ketat itu merupakan bagian dari pemisahan jenis kelamin di masyarakat.

Kebijakan yang diumumkan pada Minggu (29/10/2017) waktu setempat, sejalan dengan ambisi kuat dari putra mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammad bin Salman untuk mereformasi kerajaan.

Baca juga : Dukungan buat Wanita Arab Saudi Boleh Mengemudi

"Kami tengah mempersiapkan tiga stadion di Riyadh, Jeddah, dan Dammam, agar siap mengakomodasi perempuan pada awal 2018," tulis Otoritas Olahraga Arab Saudi, di akun Twitter, seperti dilansir dari The Guardian.

Tiga stadion tersebut sebelumnya hanya diperuntukkan bagi para pria.

Nantinya, perempuan juga bakal menikmati sejumlah fasilitas yang disiapkan di stadion, seperti restoran, cafe, dan layar video.

Bulan lalu, ratusan kaum hawa masuk ke stadion olahraga di Riyadh. Mereka bukan menyaksikan pertandingan olahraga, melainkan menghadiri sebuah acara perayaan ulang tahun negerinya.

Namun, kehadiran perempuan di stadion King Fahd tersebut menandai sebuah babak baru di kerajaan itu.

Baca juga : Sejarah Baru, Kaum Hawa Penuhi Stadion King Fahd di Riyadh...

Negara konservatif itu makin terbuka. Dalam sebuah pernyataan, Pangeran Mohammad berkeinginan untuk menerapkan konsep "Islam moderat dan terbuka" di negaranya.

Dia juga mendorong target "Visi 2030", yang berisi kebijakan ekonomi dan sosial jangka panjang untuk menghilangkan ketergantungan negara terhadap minyak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.