Kompas.com - 30/10/2017, 06:21 WIB
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Dokter Mohamed Helmy menjadi satu-satunya orang Arab yang mendapatkan kehormatan tertinggi dari Pemerintah Israel.

Helmy mendapat penghargaan karena berjasa menyelamatkan orang Yahudi dari tragedi Holocaust Nazi.

Dia adalah warga Mesir, yang menyembunyikan seorang perempuan muda Yahudi, dan membantu keluarganya di Kota Berlin, Jerman, ketika Nazi memburu orang-orang Yahudi.

Helmy ketika itu tinggal dan bekerja di Kota Berlin sejak sebelum Perang Dunia II.

Diwakili oleh keponakannya, Helmy -meninggal dunia pada 1982, mendapatkan penghargaan tersebut dalam sebuah upacara di Kantor Kementerian Luar Negeri Jerman di Kota Berlin.

Sejarah mencatat, sekitar 70 warga Muslim -dari sekitar 26.500 orang non-Yahudi, diakui oleh Pemerintah Israel sebagai penyelamat orang-orang Yahudi dari kekejaman Nazi Jerman.

Helmy menetap di Berlin pada 1922, saat menempuh studi kedokteran dan bekerja di sebuah rumah sakit.

Dia mengalami diskriminasi rasial saat Partai Nazi berkuasa, sehingga dia kehilangan pekerjaan dan dua kali ditangkap.

Ketika penganiayaan terhadap orang Yahudi Jerman meningkat, Helmy memberikan tempat persembunyian untuk salah seorang pasiennya, Anna Boros (21), di rumah miliknya di kota tersebut.

Dia berhasil melindungi Anna dari Gestapo -polisi rahasia Nazi- dan memberikan bantuan kepada ibu, ayah tiri, dan nenek Anna, hingga Perang Dunia II berakhir pada 1945.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.