Kompas.com - 29/10/2017, 13:35 WIB
EditorAmir Sodikin

JAKARTA, KOMPAS.com - Catalonia telah memisahkan diri dari Spanyol dan menyatakan kemerdekaannya. Banyak negara-negara lainnya yang tak mengakui kemerdekaan Catalonia, termasuk Indonesia.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri menyatakan menolak untuk mengakui kemerdekaan Catalonia. Bagi Indonesia, Catalonia adalah bagian tak terpisahkan dari Spanyol.

Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno LP Marsudi, seperti dikutip dari Antaranews, menyebutkan bahwa bahwa Indonesia tidak mengakui kemerdekaan Catalonia dan tidak mendukung pemisahan Catalonia dari Spanyol.

"Indonesia tidak mengakui pernyataan sepihak kemerdekaan Catalonia," kata pernyataan dari Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi seperti dilansir pada laman resmi Twitter Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Sabtu (28/10/2017).

Baca juga : Parlemen Catalonia Deklarasikan Kemerdekaan dari Spanyol

Pemerintah Indonesia juga menganggap Catalonia sebagai bagian dari wilayah Spanyol. "Catalonia adalah bagian integral Spanyol. Indonesia tidak akan mengakui kemerdekaan Catalonia," demikian pernyataan Menlu Retno Marsudi pada laman resmi Twitter Kemlu RI.

Pemimpin Catalonia Carles Puigdemont (tengah-kiri), yang secara resmi telah dicopot oleh otoritas di Madrid, berjalan didampingi istrinya, Marcela Topor (tengah-kanan) di Girona pada Sabtu (28/10/2017). AFP PHOTO/EDDY KELELE Pemimpin Catalonia Carles Puigdemont (tengah-kiri), yang secara resmi telah dicopot oleh otoritas di Madrid, berjalan didampingi istrinya, Marcela Topor (tengah-kanan) di Girona pada Sabtu (28/10/2017).
Catalonia menyampaikan deklarasi kemerdekaan sepihak setelah wilayah tersebut mengadakan referendum penentuan nasib sendiri pada 1 Oktober lalu.

Namun, referendum tersebut dinyatakan tidak sah oleh Mahkamah Konstitusi Spanyol, karena melanggar konstitusi Spanyol.

Baca juga : Spanyol Bubarkan Parlemen Catalonia dan Ambil Alih Pemerintahan

Selain Indonesia, beberapa negara lain pun menyatakan tidak mengakui kemerdekaan Catalonia untuk memisahkan diri dari Spanyol, salah satunya Jerman.

Pemerintah Jerman telah menyatakan dukungan kepada pemerintah Spanyol dalam sengketanya separatis di Catalonia. Jerman pun menyatakan tidak akan mengakui deklarasi kemerdekaan yang disampaikan parlemen Catalonia.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.