Kompas.com - 27/10/2017, 14:21 WIB
|
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat, Kamis (26/10/2017), mengumumkan, prototipe tembok perbatasan dengan Meksiko sudah selesai dibuat.

Tahap berikutnya, prototipe tembok itu akan menjalani uji coba dengan cara dihantam dengan menggunakan palu godam, kapak, dibakar, hingga peralatan lain yang bertenaga listrik atau baterai.

Uji coba ini yang akan berlangsung selama dua bulan ini akan menjadi bahan kesimpulan bahwa berbagai jenis material bisa dicampur untuk menghasilkan tembok yang efektif.

Hal ini disampaikan plt wakil komisioner Badan Penjaga Perbatasan dan Bea Cukai Ronald Vitiello.

Baca juga : Trump Berkicau di Twitter, Meksiko Tetap Tak Mau Bayar Tembok Pembatas

Hasil dari uji coba itu akan menentukan masa depan pembangunan tembok yang hingga hari ini masalah pembiayaannya belum disetujui Kongres.

Uji coba ini baru akan dilakukan sekitar satu bulan lagi karena sejumlah campuran beton di prototipe ini belum cukup kering.

Vitiello mengatakan, para pekerja selama masa uji coba selama 30-60 hari itu mencoba menjawab pernyataan mendasar soal tembok tersebut.

"Apakah tembok itu bisa dipanjat? Bisakah digali di bawahnya? Bisakah bertahan dari alat-alat pemotong?" kata Vitiello.

Di perbatasan AS-Meksiko kini telah berdiri pagar satu lapis sepanjang 1.052 kilometer dari seluruh panjang perbatasan yaitu 3.143 kilometer. Selain itu terdapat 92 kilometer pagar pembatas yang terdiri dari dua dan tiga lapis.

AS dan Meksiko memiliki perbatasan sepanjang 3.143 kilometer. Garis-garis merah dalam peta menunjukkan pagar pembatas yang sudah ada saat ini.Telegraph AS dan Meksiko memiliki perbatasan sepanjang 3.143 kilometer. Garis-garis merah dalam peta menunjukkan pagar pembatas yang sudah ada saat ini.
Sejak musim panas lalu pemerintah sudah menunjuk enam perusahaan untuk membangun model tembok yang akan digunakan.

Halaman:
Sumber Telegraph


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.