Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan Ejek Misi Militer AS di Afganistan

Kompas.com - 27/10/2017, 08:00 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Kegagalan keamanan Amerika Serikat (AS) di Afganistan terlihat dari kejadian-kejadian minggu ini ketika Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson, tidak bisa keluar dari pangkalan militer.

Tillerson terpaksa mengundang para pemimpin Afganistan ke dalam bunkernya untuk bertemu, demikian kata Menlu Pakistan, Khawaja Asif, Kamis (26/10/2017).

Pejabat mengutip keprihatinan keamanan sebagai penyebab penyelenggaraan pertemuan itu di pangkalan.

“Situasi ini memperlihatkan keseluruhan kegagalan Amerika, meskipun telah bertempur selama 16 tahun,” kata Menlu Khawaja Asif.

Baca: Di Afganistan, AS Bisa Gagal

Dia memberi briefing kepada komite parlemen untuk masalah luar negeri di Islamabad.

Pakistan sedang mengusahakan hubungan yang transparan berdasarkan kesetaraan dengan AS  dan siap memberikan kerjasama penuh dalam memerangi terorisme.

Namun, upaya itu tanpa mengorbankan kedaulatannya dan kalau ada upaya mengkambing-hitamkan Islamabad tidak akan diterima.

Tillerson mengunjungi Afganistan pada Senin lalu di mana dia tinggal dua jam dan berbicara dengan Presiden Afganistan Ashraf Ghani dan para pemimpin lainnya di pangkalan militer Bagram, 60 kilometer utara Kabul. 

Baca: Obama Lakukan Lawatan Mendadak ke Afganistan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com