Kompas.com - 26/10/2017, 10:45 WIB
EditorPascal S Bin Saju

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump mendapat angin berkat sebuah laporan bahwa tim Hillary Clinton mendanai pengumpulan berbagai berkas tuduhan yang menghubungkan Trump dengan Rusia.

Di masa-masa akhir kampanye menjelang Pilpres AS 2016, muncul kabar tak berdasar bahwa ada rekaman video tentang Trump, saat itu masih calon presiden, bersama seorang pelacur di sebuah hotel di Moskwa.

Tim kampanye untuk calon Presiden AS, Hillary Clinton, dan Komite Nasional Demokrat (DNC) dilaporkan membantu mendanai upaya-upaya tersebut.

"Korbannya adalah Presiden," kicau Trump, Rabu (25/10/2017) seperti dilaporkan BBC.

Menurut laporan media AS, Perkins Coie, sebuah firma hukum yang mewakili Tim Kampanye Hillary dan DNC menyewa agen intelijen Fusion GPS pada April 2016.

Fusion GPS, yang berbasis di Washington DC, dibayar untuk mengotori citra Trump, yang saat itu masih merupakan saingan utama Hillary pada Pilpres AS 2016.

Baca: Hillary: Trump, Presiden Paling Berbahaya dalam Sejarah  AS

Perusahaan intelijen tersebut kemudian menyewa Christopher Steele, mantan mata-mata Inggris yang sebelumnya bekerja di Rusia, untuk mengelola penelitian tersebut.

Menggunakan sumber yang tidak disebutkan namanya, ia menyebut bahwa Trump telah berkolusi dengan para pejabat Rusia selama kampanye pemilihan.

Suatu berkas yang tidak dilengkapi bukti juga meyebut bahwa mata-mata Kremlin memfilmkan Trump saat bersama seorang pelacur di hotel Ritz-Carlton di Moskwa pada 2013.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.