Kompas.com - 26/10/2017, 09:40 WIB
EditorPascal S Bin Saju

GENEVA, KOMPAS.com —  Program Pangan Sedunia (WFP) memperingatkan terjadinya bencana kemanusiaan di wilayah Kasai, Republik Demokratik (RD) Kongo, jika bantuan darurat tidak segera datang sementara kelaparan parah meluas di kawasan yang dilanda konflik itu.

WFP telah menyatakan keadaan darurat Tingkat 3 di wilayah Kasai, yang menandai terjadinya krisis kemanusiaan skala besar, seperti dilaporkan VOA pada Kamis (26/10/2017).

Badan dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu juga meningkatkan tanggapan daruratnya dengan harapan menghindari kesudahan yang mengerikan.

WFP melaporkan bahwa 3,2 juta warga di lima provinsi di wilayah Kasai Besar mengalami kelaparan parah. Sekitar dua pertiga dari mereka itu tinggal di provinsi Kasai.

PBB: 250 Orang, Termasuk 62 Anak, Dibunuh di RD Kongo

Kawasan ini selama setahun terakhir dilanda konflik etnis. Warga sipil mengalami pembantaian dan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) parah oleh milisi bersenjata dan Angkatan Darat Kongo.

PBB melaporkan bahwa lebih dari 750.000 orang telah terpaksa meninggalkan rumah mereka untuk menghindari kekerasan.

Juru bicara WFP, Bettina Luescher, mengatakan, di desa-desa yang terimbas paling parah, 90 persen warga kelaparan dan 50 persen mengalami kelaparan parah.

Peta RD Kongo.VOA Peta RD Kongo.
Ia menambahkan, malnutrisi akut berada pada 10 persen di atas ambang darurat.

"Keprihatinan nomor satu kami adalah kondisi anak-anak, perempuan hamil, dan ibu yang menyusui, karena konflik telah memperparah tingkat malnutrisi di Kasai Besar.”

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.