Kompas.com - 25/10/2017, 17:52 WIB
|
EditorErvan Hardoko

KOMPAS.com - Sepanjang sejarah dunia, terdapat banyak nama para sniper yang kemudian diperdebatkan sebagai yang terbaik.

Namun, jika yang dibicarakan adalah catatan membunuh, maka tak ada yang semematikan penembak jitu Finlandia, Simo Hayha.

Simo yang berjuluk "Si Kematian Putih" dianggap sebagai salah satu sniper terbaik sepanjang sejarah perang modern.

Nama julukan Simo diberikan oleh para prajurit Tentara Merah Uni Soviet yang memerangi Finlandia dalam Perang Musim Dingin 1939.

Baca juga : Perempuan Sniper Rusia Berjuluk Putri Salju Tewas di Ukraina

Dengan menggunakan senapan buatan dalam negeri jenis M/28-30, Simo diyakini telah menewaskan 505 orang musuh. Angka ini adalah catatan tertinggi seorang sniper dalam sejarah perang modern.

Simo Hayha lahir di kota pertanian Rautajarvi pada 1905. Dia menghabiskan masa kanak-kanaknya di peternakan dan di alam liar Finlandia.

Pengalaman hidup di peternakan dan alam liar itu justru menempa Simo menjadi seorang pemuda yang tangguh sekaligus tenang dan sabar.

Pada 1925, ketika berusia 20 tahun, Simo bergabung dengan AD Finlandia selama satu tahun, yang merupakan kewajiban bagi seluruh warga negeri itu.

Selama setahun bergabung dengan militer, Simo mendapatkan banyak pengalaman dan menjalani masa terbaiknya. Bayangkan dia naik pangkat dari prajurit menjadi kopral hanya dalam waktu satu tahun.

Setelah menyelesaikan masa wajib militernya, Simo memutuskan terus bergabung dengan militer dengan unit bernama Garda Sipil Finlandia.

Saat itulah kemudian Simo berlatih menjadi seorang sniper. Dia kemudian sangat menikmati kegiatannya menjadi penembak jitu.

Baca juga : Akhir Kisah Jac Holmes, Sniper Inggris yang Tewas Kena Ranjau Raqqa

Di waktu senggang dia mengasah terus kemampuannya dengan menggunakan senapan Mosin-Nagant M91 buatan Rusia.

Setelah itu, dia menggunakan senapan M28/30, yang performanya jauh lebih baik dari senapan Rusia yang pernah digunakannya. Satu lagi senapan favorit Simo adalah senapan mesin Suomi 9 milimeter.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.