Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Jepang Ringkus Ninja Pencuri Berusia 74 Tahun

Kompas.com - 25/10/2017, 15:54 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Kepolisian Jepang meringkus seorang pencuri yang beraksi dengan pakaian serba hitam layaknya ninja.

Kepolisian Osaka telah menangkap seorang pencuri yang menjadi buronan selama delapan tahun.

Kepolisian menyebutnya sebagai ninja bukan tanpa alasan. Tak hanya mengenakan pakaian serba hitam yang menutup hampir seluruh wajahnya, dalam aksinya dia tidak pernah melalui jalanan umum.

Menurut keterangan polisi, pelaku melancarkan aksinya dengan melewati celah-celah sempit di antara perumahan dan juga atap rumah. Hal itu pula yang membuat mereka kesulitan meringkus pelaku.

"Dia berpakaian seluruhnya hitam seperti ninja," kata salah seorang pejabat senior di kantor polisi Kawachi, prefektur Osaka.

Baca juga : Kelompok Ninja Berusaha Rebut Takhta Kerajaan Malaysia

Namun berkat kecerobohan pelaku dalam sebuah aksinya, wajahnya sempat terekam kamera CCTV.

Alhasil, Polisi akhirnya mengenali pelaku yang diketahui bernama Mitsuaki Tanigawa dan sudah berusia 74 tahun. Tanigawa juga diketahui memiliki sejumlah catatan kejahatan pencurian.

Setelah mengenali buronan mereka, kepolisian melakukan pengintaian dan menyusun sebuah perangkap untuk meringkus 'ninja' pencuri itu.

Alih-alih meringkus saat pelaku menjalankan aksinya, polisi menunggu di sebuah apartemen tua yang diketahui menjadi tempat persembunyian pelaku.

"Saat keluar dari tempat tinggalnya dia tak beda dengan orang tua biasa. Kami mengikutinya dan mengetahui dia memiliki tempat persembunyian lain di mana dia bersiap-siap sebelum dan sesudah beraksi," ujar petugas.

Para penyidik akhirnya berhasil meringkus Tanigawa sekembalinya mencuri di sebuah toko elektronik.

Dikutip dari AFP, pelaku didakwa telah melakukan sebanyak 254 aksi pencurian dengan total hasil curian senilai 30 juta yen atau sekitar Rp 3,5 miliar.

Kepada petugas, Tanigawa mengaku melakukan pencurian karena benci bekerja dan berpikir lebih mudah mendapat uang dengan cara mencuri.

Baca juga : Pertama Kali, Warga AS Jadi Ninja Profesional di Jepang

"Dia berkata hanya perlu waktu 10 menit untuk masuk dan keluar setelah mengambil uang korbannya."

"Dia benar-benar pencuri profesional. Bahkan dia percaya kalau tidak akan tertangkap seandainya dia lebih muda," ujar petugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com