Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikejar Hiu Sejauh 7,5 Kilometer di Laut, Pria Ini Lolos dari Maut

Kompas.com - 23/10/2017, 09:23 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Telegraph

PERTH, KOMPAS.com - Seorang pria yang terpisah dari kapalnya di lepas pantai Australia  mengatakan, dia amat beruntung masih bisa hidup.

Pasalnya, setelah terpisah dari kapalnya dia harus berenang beberapa kilometer ke pantai sementara seekor ikan hiu macan berukuran besar membayangi di belakangnya.

Pria yang berprofesi sebagai nelayan spesialis tombak bernama John Craig itu sedang menyelam di perairan Australia Barat pada Jumat (20/10 /2017).

Saat itulah perahunya hanyut terbawa ombak besar setelah sebelumnya mengalami kerusakan mesin.

Baca juga : Juara Selancar Diserang Hiu dan Disaksikan Ibunya

"Saya muncul ke permukaan untuk memeriksa apakah saya masih di lokasi yang sama, tiba-tiba saya melihat seekor hiu macan sepanjang empat meter mendekati saya," kata Craig kepada stasiun televisi Channel Nine.

"Itu adalah ikan hiu terbesar yang pernah saya lihat di perairan ini selama lebih dari 10 tahun terakhir," tambah Craig.

Selain hiu macan itu, Craih menambahkan, dia juga melihat hiu lain jenis sandbar whaler mendekati dirinya di perairan yang memang penuh dengan ikan hiu itu.

"Sejujurnya, saat itu saya berpikir saya segera mati. 7,5 kilometer dari lepas pantai dan seekor ikan hiu besar membuntuti saya, membuat saya berpikir hari itu saya pasti mati," tambah dia.

"Hiu itu bisa tiba-tiba menghilang di kegelapan air, lalu tiba-tiba muncul kembali di belakang saya. Dia nampaknya menjaga jarak di belakang kaki saya," kenang Craig.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, Craig mengarahkan tombaknya ke belakang saat dia mulai berenang menuju ke pantai.

Setelah beberapa lama berenang, Craig melihat ikan hiu itu sudah tak membuntuti. Dan beruntung, sebuah tim penyelamat melihat dan kemudian menyelamatkannya.

"Ini merupakan kisah yang amat luar biasa," kata sukarelawan Shark Bay Marine Rescue, Greg Ridgley kepada harian Sunday Times terbitan Perth.

Baca juga : Remaja Australia Tewas Diserang Hiu saat Berselancar

"Dia berenang lebih dari tujuh kilometer di perairan yang dipenuhi hiu. Saya tak pernah menyangka ada yang bisa melakukan itu dalam waktu yang singkat," tambah Ridgley.

Sepanjang tahun ini tercatat 14 kali insiden bertemunya manusia dan hiu di seluruh Australia, termasuk yang menewaskan seorang remaja perempuan berusia 17 tahun di Australia Barat. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com